Marzuki Alie - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat

Kontroversi Marzuki AlieH. Marzuki Alie, SE, MM (lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 6 November 1955; umur 56 tahun) adalah Ketua DPR-RI periode 2009-2014 asal Partai Demokrat. Marzuki Alie juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Partai Demokrat, partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono.



Lahir 6 November 1955

Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

Partai politik Demokrat

Tempat tinggal Kompleks Widya Chandra, Menteng, Jakarta Pusat

Almamater Universitas Sriwijaya

Pekerjaan Politikus

Agama Islam



Riwayat Pendidikan



Marketing Politics - PhD Program, Universiti Utara Malaysia

Corporate Finance - Magister Manajemen UNSRI, Palembang

Production Management - Fakultas Ekonomi UNSRI, Palembang

SMA Xaverius I Palembang, jurusan IPA

SMP Negeri IV Palembang

SD Negeri 36 Palembang.



Peran menyelamatkan BUMN dari Akuisisi Asing



Marzuki Alie mengatakan kepada Peter Gontha dari Berita Satu bahwa sebagai Kepala Departemen merangkap Kepala Non Teknik Proyek OPT II, Marzukie menolak hasil kajian perusahaan konsultan Boston Consulting Group tahun 1999 yang ditunjuk oleh Kementerian Negara BUMN di bawah pimpinan Laksamana Sukardi. Mereka menyatakan PT Semen Baturaja negative value alias bangkrut. Menurut Marzuki, PT Semen Baturaja direncanakan akan diakuisisi oleh Cemex Mexico melalui right issue PT.Semen Gresik Tbk.



Marzukie mendapat promosi, diangkat sebagai direktur pada tahun 1999. Dia ikut menyelesaikan pembangunan pabrik yang terbengkalai dan melakukan restrukturisasi kredit bermasalah PT Semen Baturaja di BPPN, senilai Rp.488 milyar, melalui cash settlement tahun 2000. Dia sekaligus menyelamatkan PT Semen Baturaja dari kebangkrutan tanpa bantuan pemerintah akibat krisis moneter 1997-2000. Nilai assets hasil penilaian dari “Independent Appraisal Company” tahun 2001 menjadi sebesar Rp 1,2 trilyun dari negative value penilaian Boston Consulting Group tahun 1999.



Marzuki diangkat sebagai Direktur Utama PT. Semen Baturaja (Persero) pada November 2001, namun tidak pernah dieksekusi dan justru digantikan karyawan Departemen ESDM eselon III melalui intervensi seorang politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Januari 2002. Marzuki menolak menyebut nama politikus tsb. Dia hanya bilang politikus dari "partainya Pak Laks." Intervensi ini mendorong Marzuki masuk ke dunia politik. Dia bergabung dengan Partai Demokrat.



Riwayat Pekerjaan



Komisaris Utama Group usaha PT.Global Perkasa Investindo 2006 –2009

Direktur Komersiil PT.Semen Baturaja (Persero) Palembang 1999 - 2006

PT.Semen Baturaja (Persero) Palembang, Baturaja, Lampung,Jakarta

Pegawai Negeri Sipil di KPN, Departemen Keuangan RI Palembang 1979 – 1980

Pegawai Negeri Sipil di Ditjen Aanggaran, Dep.Keuangan RI Jakarta 1975 – 1979
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.