David Warren - Penemu Kotak Hitam

Penemuan Kotak Hitam Black Box SukhoiDavid Ronald de Mey Warren (20 Maret 1925 - 19 Juli 2010) adalah seorang ilmuwan Australia, yang terkenal karena menciptakan dan mengembangkan perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit (juga dikenal sebagai FDR dan CVR, atau "kotak hitam"). David Warren lahir pada Groote Eylandt, sebuah pulau di lepas pantai Northern Territory. Dia adalah anak pertama dari keturunan Eropa yang lahir di pulau itu. Ia dikirim ke sekolah di Launceston Grammar School di Tasmania dan Sekolah Trinitas Grammar di Sydney. Ayahnya meninggal dalam kecelakaan 1934 Selat Bass udara. Dia lulus dari University of Sydney dengan gelar Bachelor of Science.



Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang. Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.



Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan. Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.



Warren menjadi ilmuwan penelitian utama di Ilmu Pertahanan dan Laboratorium Aeronautical Teknologi Organisasi Research di Melbourne 1952-1983. Sementara di sana, ia datang dengan ide untuk perekam suara kokpit sementara menyelidiki kecelakaan pesawat jet komersial pertama di dunia. pesawat, yang Comet, pada tahun 1953, setelah melihat perekam suara mini di pameran dagang. "Jika pengusaha telah menggunakan salah satu di pesawat dan kita bisa menemukannya di reruntuhan dan kami bermain kembali, kita akan mengatakan, 'Kami tahu apa yang menyebabkan ini.'", Warren kemudian mengenang. "Setiap suara yang relevan dengan apa yang terjadi akan dicatat dan Anda bisa membawa mereka dari reruntuhan."



Sementara perangkat sebelumnya telah digunakan untuk merekam parameter penerbangan tertentu, mereka tidak termasuk rekaman suara, dan tidak dapat digunakan kembali, dan karena itu tidak praktis untuk penerbangan komersial rutin. Penemuan Warren, yang mengandalkan media perekaman magnetik, diperbolehkan menghapus mudah dan re-rekaman, yang membuatnya praktis untuk layanan saluran rutin. Konsep Warren rekaman suara kokpit menambahkan dimensi baru ke data instrumen perekam penerbangan, dan telah terbukti sangat berharga bagi penyelidikan kecelakaan. Menariknya, beberapa kecelakaan dimana CVR memainkan peran penting diselesaikan bukan dengan suara awak yang tercatat, tetapi oleh suara lain kebetulan direkam pada CVR, yang memberikan petunjuk penting penyebab kecelakaan.



Warren meninggal 19 Juli 2010, pada usia 85, di Melbourne. Dia dikuburkan dalam peti mati yang menyandang label "Penerbangan Inventor Perekam; Apakah Tidak Buka".. Warren dibuat Petugas dari Order of Australia (AO) dalam menghormati Hari Australia pada tahun 2002. Pada tahun 2007, Warren disertakan pada "Top 100 jenius yang hidup" daftar yang disusun oleh sebuah panel enam ahli dalam kreativitas dan inovasi dari Synectics pencipta. Pada November 2008, Qantas A380 sebagai salah satu dari mereka Airbus setelah Warren untuk menghormati jasa-jasanya untuk penerbangan.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.