Anis Matta - Sekjen Partai Keadilan Sejahtera

Anis MattaMuhammad Anis Matta, LC. yang lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 28 September 1968 adalah salah satu politikus Indonesia dari Partai Keadilan Sejahtera. Anis adalah Wakil Ketua DPR-RI periode 2009-2014. Ia meraih gelar S1 di bidang Syariah Islam dari LIPIA pada tahun 1992. Pada tahun 2001, ia mengikuti pendidikan di Lemhannas. Kini ia aktif sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera dan Majelis Hikmah PP Muhammadiyah.



Sejak kecil punya minat baca yang besar. Bahkan liburan sekolah tidak diisi dengan kegiatan lain kecuali membaca dari pagi hingga malam. Ustadz muda ini mengaku tidak pernah punya cita-cita muluk. Tapi, terobsesi punya perpustakaan besar. Dan, buku yang paling berpengaruh pada dirinya adalah Berpikir dan Berjiwa Besar. Ia punya dua buku monumental. Biar Kuncupnya Mekar Menjadi Bunga yang diterbitkan Pustaka UMMI dan Risalah Pergerakan, terjemahan Risalah Ta’lim-nya Hasan AI-Banna. Selain itu ada beberapa buku lagi yang ikut menyumbang perkembangan pemikiran Islam di Indonesia.



Anis meraih gelar S1 di bidang syariat Islam dari LIPIA pada tahun 1992. Anis Matta diputuskan sebagai Wakil Ketua DPR berdasarkan Rapat Badan Pengurus Harian Dewan Pengurus Pusat PKS Agustus lalu. Anis Matta dinilai punya pengalaman baik sebagai anggota DPR maupun kiprah di internal PKS karena sudah tiga periode menjadi Sekretaris Jenderal. Anis Matta juga tidak punya masalah hukum dan Pria yang lahir 41 tahun lalu ini juga duduk di Majelis Hikmah PP Muhammadiyah.



Menjabat sebagai Wakil ketua DPR RI hal yang paling ia harapkan adalah adanya sumber daya infrastruktur yang kuat akan percepatan pembangunan. Ia mengusulkan infrastruktur itu dapat berupa perpusatakaan semacam perpustakaan Kongres Amerika Serikat. Dengan adanya perpustakaan yang diimpikannya terbesar di dunia maka anggota DPR tidak perlu lagi melakukan banyak studi banding ke luar negeri.



Biodata Muhammad Anis Matta



Tempat Lahir: Bone

Tgl Lahir: 07-12-1968

Agama: Islam

Riwayat Pendidikan:

1 SD Inpres Welado 1980

2 SMP Darul Arqam 1983

3 SLTA Darul Arqam 1986

4 LIPIA 1992

5 KSA IX Lemhanas 2001

Riwayat Pekerjaan:

1 Komisaris PT Indo Media Green Pages

2 Preskom PT Manara Inti Tijara

3 Direktur Pusat Studi Isalam Almanar

4 Dosen Agama Islam FE UI Program Extension 1996-1998

Riwayat Organisasi:

1 Anggota Majelis Hikmah PP Muhamadiyah 2000-2005

2 Anggota Ikatan Alumni Lemhanas 2001 – 2006



Bagi aktivis masjid kampus, nama Anis Matta tentu tidak asing lagi. Selain dikenal sebagai aktivis partai politik juga dikenal sebagai penulis yang cukup produktif dalam menelurkan karya. Karya-karyanya tersebar dibeberapa media Islam seperti Saksi, Tarbawi, Ummi dan Suara Hidayatullah. Karya-karya yang tercecer diberbagai media Islam tersebut sebagian besar telah dikumpulkan menjadi sebuah buku.



(Sumber: http://www.dpr.go.id/id/profil/67/Muhammad-Anis-Matta,-LC.)
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.