Haji Bodong - Seniman Budaya Betawi

Haji BodongDunia lawak Indonesia berduka dengan meninggalnya Haji Bodong, Seniman Topeng Betawi sekaligus pelawak senior asli Betawi yang menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 7.30 WIB di rumah kediamannya Jalan Kampung Dukuh, RT 001, RW 007, Kramatjati, Jakarta Timur. Sebelumnya Haji Bodong memang dirawat di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (13/4/2012) lalu lantaran kondisi kesehatannya menurun drastis. Kondisinya kemudian membaik dan dibawa pulang ke rumah dan sepuluh hari di rumah beliau meninggal.



Perjuangan Haji Bodong selama hampir tiga tahun melawan penyakit yang dideritanya pun berakhir sudah. Sebelum meninggal, almarhum yang sempat bermain di serial Si Doel Anak Sekolahan ini memang didera sakit yang cukup serius dan terlihat sangat kurus. Dua tahun belakangan dia bahkan tidak bisa beraktivitas dan hanya berbaring saja di tempat tidurnya lantaran komplikasi penyakit yang dideritanya yaitu sakit paru, gula dan sesak nafas yang parah.



Haji Bodong yang lahir dan besar di Jakarta serta menetap di Kampung Dukuh hampir separuh hidupnya, membuat Haji Bodong demikian bangga menyandang status sebagai Putra Betawi. Di usia senjanya Haji Bodong tetap menyalurkan hobinya yang juga mendukung ekonomi keluarganya sebagai pemain Lenong dan sesekali mengisi acara lawak di televisi.



Haji Bodong memang senang dipanggil Bodong yang menurutnya membawa hoki. Sosok pria yang dikenal dengan rambut putih tersebut merupakan tipe seseorang yang tak banyak bicara dan sangat disiplin jika bekerja. Haji Bodong tìpikal pendiam, senangnya diam dan Dia displin sekali, tak pernah bercanda kala menunggu akting dan selalu bercanda kalau sudah selesai akting.



Ayah dari 2 orang anak dan kakek dari 4 orang cucu ini tidak pernah merasa pusing memikirkan materi. Ia cukup mensyukuri hidupnya yang bersahaja dan sederhana, seperti halnya namanya yang hanya satu kata, BODONG. Haji Bodong menceritakan bahwa dirinya dulu berangkat dari Lenong bersama grup Topeng Bokir dan hasilnya juga tak tentu.



Kepergian Haji Bodong meninggalkan dukaa mendalam tak hanya bagi keluarga besarnya, tapi juga sahabat dan pecinta kebudayaan Betawi. Komedian Betawi itu dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian tinggi terhadap budaya dan kesenian Betawi. Ia adalah guru bagi seniman Betawi dan semasa hidupnya Haji Bodong tak pernah bosan mengingatkan generasi muda untuk terlibat dalam pelestarian budaya dan Kesenian Betawi seperti Lenong.



Pesan-pesan itu juga terus ia sampaikan saat masih terbaring sakit di Rumah Sakit. Dia selalu berbicara tentang Lenong walau sakit masih saja memikirkan seni. Rencananya Haji Bodong Sang bintang sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' dan 'Pepesan Kosong' itu akan disemayamkan di TPU Pekayon Gandaria, sebuah pemakaman yang terletak tak jauh dari kediamannya, di Kampung Dukuh, Kramatjati, Jakarta Timur.
Share on :

1 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.