Adele - Artis Musisi Bersuara Kontralto

AdeleAdele Laurie Blue Adkins atau dikenal sebagai Adele (lahir di Tottenham, London, 5 Mei 1988; umur 24 tahun) adalah penyanyi jazz dan soul serta penulis lagu dari Inggris yang memiliki suara kontralto. Sejak album debutnya, 19, Adele telah menerima banyak pengakuan baik secara komersial dan kritis. Album tersebut memulai debutnya di nomor satu dan telah disertifikasi 4x platinum di Inggris. Pada Grammy Awards tahun 2009, Adele memenangkan penghargaan untuk Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Terbaik.



Adele merilis album keduanya, 21 pada tanggal 24 Januari 2011 di Inggris dan 22 Februari di Amerika Serikat. Album ini sukses baik secara kritis dan komersial, menjual 208.000 kopi dalam minggu pertama di Inggris dan memulai debutnya pada nomor satu di UK Singles Chart, posisi tersebut berhasil bertahan selama enam belas minggu. Di Inggris, 21 telah disertifikasi 10x Platinum untuk penjualan sebesar 3 juta unit. Album ini memulai debutnya di nomor satu Billboard 200 di Amerika Serikat, menjual 352.000 kopi dalam minggu pertama. Album ini berada di nomor satu di tangga lagu 17 negara Eropa dan Amerika Serikat.



Setelah tampil di BRIT Awards, lagu "Someone Like You" mencapai nomor satu di Inggris, sementara album juga menetap di nomor satu. "Someone Like You" memegang posisi nomor satu selama empat minggu berturut-turut. Lagu ini juga telah menghabiskan 2 minggu di nomor satu tangga lagu Selandia Baru dan 5 minggu di nomor satu tangga lagu Australia. Official Charts Company mengumumkan bahwa Adele adalah artis hidup pertama yang mencapai prestasi atas lima hits baik di Official Singles Chart dan Official Albums Chart secara bersamaan sejak The Beatles pada 1964.



21 telah menghabiskan sebelas minggu berturut-turut pada nomor satu di Inggris, terlama dari yang pernah ada oleh artis solo wanita pada UK Albums Chart, melebihi Madonna yang menetap selama sembilan minggu di nomor satu pada tahun 1990 dengan kompilasi hitsnya, The Immaculate Collection. Di Amerika Serikat, album ini telah menghabiskan total sebelas minggu di puncak Billboard 200. Album ini juga memecahkan rekor untuk unduh digital paling laris di Inggris. Pada Mei 2011, penyanyi ini senilai £6 juta, mengikatnya dengan Lily Allen dan Duffy untuk tempat ke-9 pada daftar bintang musik terkaya Inggris dan Irlandia di bawah usia 30.



Adele Laurie Blue Adkins lahir di Tottenham, London, Inggris, dari seorang ibu remaja tunggal pada 5 Mei 1988. Dia mulai menyanyi pada usia empat tahun dan menegaskan bahwa dia sangat terobsesi dengan suara. Adele telah mengutip Spice Girls sebagai pengaruh utama dalam hal cinta dan gairahnya dalam bermusik, menyatakan bahwa "mereka yang membuat saya seperti sekarang ini." Pada usia 11, Adele dan ibunya pindah ke West Norwood, London Selatan.[25] West Norwood adalah topik untuk rekaman pertama Adele, "Hometown Glory" yang ditulis ketika usia 16. Setelah pindah ke London Selatan, ia menjadi tertarik dengan penyanyi R&B seperti Aaliyah, Destiny's Child dan Mary J. Blige.



Adele lulus dari Brit School di Croydon pada Mei 2006 yang saat itu sekelas dengan Leona Lewis dan Jessie J. Di sekolah, dia lebih tertarik dengan A&R dan berharap untuk meluncurkan karir orang lain. Empat bulan kemudian, Adele menerbitkan dua lagu pada edisi keempat seni online PlatformsMagazine.com. Dia telah merekam tiga demo lagu untuk proyek kelasnya dan memberikannya kepada seorang teman yang memosting ke halaman Myspace. Lagu ini menjadi sangat sukses dan Adele mendapat panggilan dari label musik XL Recordings. Dia meragukan jika tawaran tersebut sungguh-sungguh karena perusahaan rekaman yang dia ketahui hanyalah Virgin Records, lalu dia membawa temannya saat pertemuan rapat. Kemudian Adele menandatangani kontrak dengan XL pada bulan September 2006. Lagu terobosan Adele, "Hometown Glory" dirilis pada Oktober 2007.



Suara Adele digambarkan sebagai kontralto. Awalnya, para kritikus menyatakan bahwa vokalnya lebih berkembang dan menarik daripada keterampilan menulis lagu, dan Adele setuju dengannya. Album pertama Adele mengambil genre soul dengan lirik yang menggambarkan patah hati dan hubungan. Keberhasilannya terjadi bersamaan dengan beberapa penyanyi soul perempuan dari Inggris lainnya, dengan pers Inggris menjulukinya sebagai Amy Winehouse yang baru. Hal ini digambarkan sebagai Invasi Musik Inggris ketiga di Amerika Serikat. Namun, Adele menyebut perbandingan antara dirinya dan penyanyi soul perempuan lainnya, memberitahu "kita adalah satu gender, bukan satu genre".



Pada awal 2009, pendengar dan kritikus mulai menggambarkan Adele sebagai seorang yang unik. Allmusic menulis bahwa "Adele terlalu ajaib untuk membandingkannya dengan siapa pun."[26] Beyonce Knowles, penyanyi Amerika, mengutip Adele sebagai salah satu pengaruh untuk album keempatnya, 4. Adele juga mempengaruhi artis amerika Demi Lovato,[65] Demi Lovato Mengatakan "Adele adalah penyanyi terbaik dan Adele menjadi Inspirasi saya di album studio keempat saya".
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.