Keith Haring - Pelukis Pop Art - Graffiti

Keith HaringKeith Haring (lahir 4 Mei 1958 - 16 Februari 1990) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Amerika Serikat beraliran Pop art yaitu suatu gerakan kesenian yang muncul pada dasawarsa 1950-an. Dia mengutamakan gambar-gambar utamanya seperti gambar graffiti. Grafiti (graffity atau graffiti) adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.



Keith Haring adalah seorang seniman sekaligus aktivis sosial yang menginspirasi budaya jalanan kota New York era tahun 1980 an. Dia pertama kali menggambar di subways New York. Lahir di Pennsylvania, Amerika, pada 4 Mei 1958. Keith Haring dibesarkan oleh ibunya, Joan Haring, dan sang ayah Allen Haring, yang berprofesi sebagai kartunis. Dia juga memiliki tiga adik perempuan, Kay, Karen dan Kristen. Orang tua Keith Haring ingin menamai semua anak mereka dengan awalan huruf “K”. Keith Haring telah tertarik pada dunia seni sejak usia dini.



Dari tahun 1976 sampai 1978 ia belajar “seni komersial” di sekolah Seni Profesional, sebuah sekolah seni di Pittsburgh. Sebelum akhirnya berpindah ke studi “Fine arts” atau Seni Rupa. Pada usia 19 tahun (tahun 1978) Haring pindah ke kota New York, dimana ia terinspirasi oleh seni grafiti, lalu melanjutkan studinya di Sekolah Seni Visual. Haring mulai mencuri perhatian publik dengan karya “lukisan kapur” di kereta bawah tanah New York. Seni pop art yang menjadi ciri khasnya adalah “The Radiant Baby”. Dengan garis tebal, warna cerah yang berani, dan objek yang membawa pesan tentang hidup dan persaudaraan.



Di tahun 1980, ia mengadakan sebuah pameran di Club 57. Pada pameran yang dilakukan oleh fotografer Tseng Kwong Chi. Sejak tahun 1980, beliau diatur di pameran Club 57. Dia mengecat kanvas pada tahun 1985. Dia berpartisipasi dalam Pameran Times Square dan menggambar hewan dan wajah manusia untuk pertama kalinya. Pada tahun 1981 ia membuat sketsa lukisan kapur pertamanya di atas kertas hitam, plastik, logam dan barang bekas lainnya. Keith Haring meninggal di usia yang masih sangat muda, 32 tahun, pada tanggal 16 Februari 1990 karena komplikasi AIDS yang dideritanya.



Pop Art adalah gerakan seni yang muncul pada tahun 1950 pertengahan di Inggris dan di akhir 1950-an di Amerika Serikat. Pop Art disajikan tantangan bagi tradisi seni rupa dengan memasukkan citra dari budaya populer seperti iklan, berita, dll. Dalam seni pop, bahan kadang visual dihapus dari konteks yang diketahui, terisolasi, dan / atau dikombinasikan dengan bahan yang tidak terkait. Konsep pop art mengacu tidak banyak seni dirinya sebagai dengan sikap yang mengarah untuk itu.



Pop art mempekerjakan aspek budaya massa, seperti iklan, buku komik dan benda-benda budaya duniawi. Hal ini secara luas ditafsirkan sebagai reaksi terhadap gagasan dominan kemudian-ekspresionisme abstrak, serta perluasan atas mereka. Dan karena pemanfaatannya dari benda yang ditemukan dan gambar itu mirip dengan Dadaism. Pop art bertujuan untuk menggunakan gambar-gambar populer sebagai lawan dari budaya elitis dalam seni, menekankan unsur dangkal atau kitschy dari setiap budaya tertentu, paling sering melalui penggunaan ironi. Hal ini juga terkait dengan penggunaan seniman dari mekanik alat teknik reproduksi atau rendering.



Banyak dari pop art dianggap kongruen, sebagai praktik konseptual yang sering digunakan membuat sulit untuk beberapa untuk mudah dipahami. Pop art dan minimalis dianggap seni yang mendahului gerakan seni postmodern, atau adalah beberapa contoh awal dari seni postmodern sendiri. Pop Art sering mengambil sebagai citra perusahaan yang yang saat ini digunakan di iklan.



Asal-usul seni pop di Amerika Utara dan Inggris Raya yang dikembangkan berbeda. Di Amerika Serikat, itu menandai kembalinya keras bermata komposisi dan seni representasional sebagai respons dengan seniman menggunakan impersonal, realitas ironi, duniawi dan parodi untuk meredakan simbolisme pribadi dan "kelonggaran painterly" dari Ekspresionisme Abstrak. Sebaliknya asal pasca-Perang Inggris, sementara menggunakan ironi dan parodi, lebih akademis dengan fokus pada citra dinamis dan paradoks populer Amerika. budaya sebagai kuat, perangkat simbolik manipulatif yang mempengaruhi pola seluruh kehidupan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



Pop Art Awal di Inggris adalah masalah ide yang didorong oleh budaya populer Amerika dilihat dari jauh, sementara seniman Amerika terinspirasi oleh pengalaman hidup dalam budaya tersebut. Demikian pula pop art adalah baik perpanjangan dan penolakan Dadaism. Sementara pop art dan Dadaism dieksplorasi beberapa subyek yang sama, pop art menggantikan, satir merusak, dan impuls anarkis dari gerakan Dada dengan penegasan terpisah dari artefak budaya massa. Di antara mereka seniman dilihat oleh beberapa orang sebagai produksi kerja yang mengarah ke Pop Art adalah Pablo Picasso, Marcel Duchamp, Schwitters Kurt dan Josh Yorgi.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.