Howard Carter - Penemu Makam Tutankhamun

Howard CarterHoward Carter yang lahir pada tanggal 9 Mei 1874 dan meninggal pada tanggal 2 Maret 1939 adalah seorang Arkeolog (bahasa Yunani, archaeo, "kuno" dan logos, "ilmu") serta Egyptolog (ahli masalah Mesir kuno) yang berasal dari Inggris. Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan. Kajian sistematis meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak dan ekofak maupun fitur yang tidak dapat dilepaskan dari tempatnya (situs arkeologi). Teknik penelitian yang khas adalah penggalian (ekskavasi) arkeologis, meskipun survei juga mendapatkan porsi yang cukup besar. Nama alternatif arkeologi adalah ilmu sejarah kebudayaan material.



Howard Carter dilahirkan di Kensington, Inggris, anak Samuel Carter, seorang seniman terampil, yang dilatih dia untuk mengikuti jejaknya, dan Martha Joyce (Sands) Carter. Pada tahun 1891, pada usia 17, seorang seniman muda berbakat, ia dikirim ke Mesir oleh Dana Eksplorasi Mesir untuk membantu Percy Newberry dalam penggalian dan pencatatan makam Kerajaan Tengah di Beni Hasan. Bahkan pada usia muda dia inovatif dalam meningkatkan metode menyalin hiasan makam. Pada 1892 ia bekerja di bawah asuhan Flinders Petrie untuk satu musim di Amarna, ibukota didirikan oleh Firaun Akhenaten. Dari 1894-1899 ia kemudian bekerja dengan Édouard Naville di Deir el-Bahari, di mana ia mencatat relief dinding di kuil Hatshepsut.



Pada tahun 1899, Carter diangkat inspektur kepala pertama dari Mesir Purbakala Service (EAS). Dia mengawasi sejumlah penggalian di Thebes (sekarang dikenal sebagai Luxor) sebelum ia dipindahkan tahun 1904 ke Inspektorat Mesir Hilir. Carter mengundurkan diri dari Dinas Purbakala pada tahun 1905 setelah penyelidikan menjadi keributan di tempat umum (dikenal sebagai Peristiwa Saqqara) antara penjaga situs Mesir dan sekelompok wisatawan Prancis di mana ia berpihak pada personil Mesir



Howard Carter terkenal karena penemuan makam Tutankhamun yang berada di Lembah Para Raja, Luxor, Mesir. Pada tahun 1922, bersama George Edward Stanhope Molyneux Herbert, Earl ke-5 dari Carnarvon (lahir di Kastil Highclere, 26 Juni 1866 – meninggal di Kairo, 5 April 1923 pada umur 56 tahun) membuka makam Tutankhamun. Lord Carnarvon atau George Edward adalah bangsawan Inggris yang membiayai ekskavasi makam Tutankhamun di Lembah Para Raja, Luxor, Mesir tersebut.



Lembah Para Raja (bahasa Arab: وادي الملوك Wadi el-Muluk) adalah sebuah lembah di Mesir di mana kuburan para Firaun dibangun. Lembah Para Raja terletak di tepi barat Sungai Nil di sekitar kota Thebe atau Luxor. Sedangkan Luxor (bahasa Arab: الأقصر) adalah sebuah kota modern yang terletak di kedua tepi timur dan barat Sungai Nil di Mesir bagian utara. Dibangun di bekas lokasi Thebes, ibu kota Mesir kuno yang terkenal (2052 SM). Raja-raja Firaun memerintah di sini, menciptakan peradaban yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya.



Beberapa bulan kemudian setelah pembukaan makam Tutankhamun teman Howard Carter yaitu Lord Carnarvon meninggal dunia di Hotel Continental-Savoy, Kairo. Kematiannya menjadi bahan spekulasi, termasuk kisah "Kutukan Tutankhamun" atau Kutukan Firaun. Walaupun demikian, kematiannya mungkin disebabkan bakteremia akibat gigitan nyamuk yang terinfeksi bakteri erisipelas. Namun Howard Carter bertahan hidup hingga enam belas tahun berikutnya. Makam Carnarvon terletak di atas bukit di Beacon Hill, Burghclere, Hampshire.



Tutankhamun atau Nebkheperure Tutankhamun (kadang dieja dengan Tuten-, -amen, -amon) adalah Firaun dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir (memerintah 1333 SM - 1324 SM), pada masa yang disebut Kerajaan Baru Mesir. Nama aslinya, Tutankhaten, berarti "Jelmaan hidup Aten", sedangkan Tutankhamun berarti "Jelmaan hidup Amun". Pada tahun 1922, makamnya ditemukan oleh Howard Carter dan sejak itu Tutankhamun menjadi ikon populer dari peradaban Mesir Kuno.



Pembersihan makam dengan ribuan benda berlanjut sampai 1932. Setelah penemuan sensasional, Howard Carter pensiun dari arkeologi dan menjadi agen paruh waktu untuk kolektor dan museum, termasuk Museum Cleveland Seni dan Institut Seni Detroit. Ia mengunjungi Amerika Serikat pada 1924, dan memberikan serangkaian kuliah diilustrasikan di New York City dan kota-kota lain di Amerika Serikat yang dihadiri oleh penonton yang sangat besar dan antusias, memicu Egyptomania di Amerika.



Dia meninggal karena limfoma, jenis kanker, di Kensington, London, pada tanggal 2 Maret 1939 di usia 64. Kematian arkeolog begitu lama setelah pembukaan makam. Meskipun pemimpin ekspedisi, adalah sepotong bukti yang paling sering diajukan oleh skeptis untuk membantah gagasan tentang "kutukan firaun" mengganggu pihak yang melanggar makam Tutankhamun.



Carter dimakamkan di Putney Vale Cemetery di London. Pada nisan itu tertulis: "Semoga roh Anda hidup, Semoga Anda menghabiskan jutaan tahun, Anda yang suka Thebes, Duduk dengan wajah Anda untuk angin utara, mata Anda pada melihat. kebahagiaan " dan" malam O, menyebarkan sayap-Mu atas diriku seperti bintang binasa"
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.