Tokoh Sastrawan Jerman Goethe

Johann Wolfgang von Goethe adalah novelis, sastrawan, humanis, ilmuwan dan filsuf Jerman. Goethe adalah salah satu dari tokoh terpenting dalam dunia sastra Jerman, Neoklasisisme dan Romantisme Eropa pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Ia pengarang Faust dan Zur Farbenlehre (Teori Warna), merupakan inspirasi bagi Darwin dengan penemuan terpisahnya terhadap tulang rahang pramaksilia manusia dan fokusnya pada evolusi. Pengaruh Goethe tersebar di Eropa dan seabad ke depan karyanya merupakan sumber inspirasi dalam musik, drama dan puisi. Goethe pencetus konsep Weltliteratur ("dunia sastra"), setelah menaruh perhatian besar dalam literatur Inggris, Perancis, Italia, Yunani klasik, Persia, dunia Arab, dan lain-lain.



Pengaruhnya pada filsafat Jerman hampir tak terhingga, yang berpengaruh besar terutama pada generasi Hegel dan Schelling, meskipun Goethe dirinya berlatih menahan diri dari filsafat dalam arti khusus. Pengaruh Goethe tersebar di seluruh Eropa, dan untuk abad berikutnya karya-karyanya adalah sumber inspirasi utama dalam musik, drama, puisi dan filsafat. Goethe dianggap oleh banyak orang sebagai penulis paling penting dalam bahasa Jerman dan salah satu pemikir paling penting dalam budaya Barat juga. Pada awal karirnya, ia bertanya-tanya apakah lukisan tidak mungkin panggilan yang sejati; di akhir hidupnya, ia menyatakan harapan bahwa ia akhirnya akan dikenang di atas semua untuk karyanya pada warna.



Goethe lahir di Frankfurt, Jerman 28 Agustus 1749 dari ayah Johann Caspar Goethe (29 Juli 1710 - 25 Mei 1782). Ibu Goethe Catharina Elisabeth Textor (19 Februari 1731 - 15 September 1808), putri Walikota Frankfurt Johann Wolfgang Textor (11 Desember 1693 - 6 Februari 1771) dan istri Anna Margaretha Lindheimer (23 Juli 1711 - 18 April 1783, seorang keturunan Lucas Cranach the Elder dan Henry III, Landgrave dari Hesse-Marburg), menikah 38 tahun Johann Caspar ketika ia berusia 17 di Frankfurt pada 20 Agustus 1748. Semua anak-anak mereka, kecuali Goethe dan adiknya, Cornelia Friederike Christiana, yang lahir di tahun 1750, meninggal muda.



Johann Caspar dan tutor pribadi memberikan pelajaran Goethe dalam semua mata pelajaran umum, terutama bahasa (bahasa Latin, Yunani, Perancis dan Inggris). Goethe juga menerima pelajaran dalam menari, berkuda dan pertahanan. Johann Caspar adalah tipe ayah yang merasa frustrasi dalam ambisi sendiri. Goethe membenci gereja, karakteristik sejarah sebagai bauran "dari kesalahan dan kekerasan". Gairah besarnya adalah menggambar dan tertarik pada sastra; Friedrich Gottlieb Klopstock dan Homer adalah favoritnya. Dia memiliki pengabdian hidup untuk teater dan sangat terpesona dengan menunjukkan boneka yang diatur setiap tahun di rumahnya, sebuah tema familiar di Wilhelm Meister's Apprenticeship.



Goethe belajar hukum di Leipzig 1765-1768. Belajar aturan hukum kuno adalah sesuatu yang sangat dibenci. Dia lebih suka menghadiri pelajaran puisi dari Kristen Fürchtegott Gellert. Di Leipzig, Goethe jatuh cinta dengan Käthchen Schönkopf dan menulis tentang dia di Rococo. Pada tahun 1770, dia dibebaskan anonim Annette, koleksi puisi pertamanya. Karena studinya tidak kemajuan, Goethe terpaksa kembali ke Frankfurt di akhir Agustus 1768. Di Frankfurt, Goethe menjadi sakit parah. Selama setahun setengah, karena kambuh, hubungan dengan ayahnya memburuk. Selama pemulihan, Goethe dirawat ibu dan adiknya. Bosan di tempat tidur, ia menulis sebuah komedi kejahatan. Pada bulan April 1770, ayahnya kehilangan kesabarannya.



Goethe meninggalkan Frankfurt untuk menyelesaikan studinya di Strasbourg. Di Strasbourg, Goethe bertemu Johann Gottfried Herder, yang kebetulan berada di kota pada kesempatan operasi mata. Kedua menjadi teman dekat dan krusial untuk pengembangan intelektual Goethe, itu Herder yang menyalakan minatnya pada Shakespeare, Ossian dan dalam pengertian Volkspoesie (puisi rakyat). Pada tanggal 14 Oktober 1772 ia mengadakan pidato di rumah orangtua di menghormati pertama Jerman "Hari Shakespeare". pertemuan pertamanya dengan karya-karya Shakespeare adalah kebangkitannya digambarkan sebagai pribadi dalam sastra.



Pada akhir Agustus 1771, Goethe diberi sertifikat sebagai lisensi di Frankfurt. Dia ingin membuat yurisdiksi semakin lebih manusiawi. Dalam kasus pertama, ia berjalan terlalu keras, dimarahi dan kehilangan posisi. Prematur ini diakhiri karirnya sebagai pengacara setelah hanya beberapa bulan. Pada saat itu, Goethe berkenalan dengan pengadilan Darmstadt, di mana ciptaannya dipuji. Dari lingkungan ini datang Johann Georg Schlosser (yang kemudian menjadi adik ipar) dan Johann Heinrich Merck. Goethe juga mengejar rencana sastra lagi, kali ini, ayahnya tidak punya apa-apa terhadap hal itu, dan bahkan membantu. Goethe memperoleh salinan biografi perampok mulia dari Petani 'Perang. Dalam beberapa minggu biografi itu ulang menjadi drama penuh warna. Berjudul Götz von Berlichingen.



Goethe tidak bisa bertahan hidup dengan menjadi seorang editor sastra terbitan Schlosser dan Merck. Pada Mei 1772 ia sekali lagi mulai praktek hukum di Wetzlar. Tahun 1774 Goethe menulis buku yang akan membawanya terkenal di seluruh dunia, The Sorrows of Young Werther. Meskipun keberhasilan sangat besar Werther, itu tidak membawa banyak keuntungan keuangan Goethe - hukum hak cipta pada saat ini pada dasarnya tidak ada. Pada 1775, Goethe diundang sebagai penulis The Sorrows of Young Werther, ke pengadilan Carl Agustus, Duke dari Sachsen-Weimar-Eisenach, yang akan menjadi Grand Duke pada tahun 1815. Goethe pergi untuk tinggal di Weimar, di mana dia tinggal untuk sisa hidupnya dan di mana, selama bertahun-tahun, ia mengadakan suksesi kantor , menjadi penasihat kepala Duke.



Pada 1776, Goethe membentuk hubungan dekat dengan Charlotte von Stein, wanita yang lebih tua yang sudah menikah. Dia memiliki nama yang diberikan sama dengan Charlotte Kestner, lain yang lebih tua, wanita menikah yang sebelumnya tergila-gila Goethe dan yang telah mengilhaminya Sorrows of Young Werther. Ikatan intim dengan Frau von Stein berlangsung selama sepuluh tahun, setelah itu tiba-tiba berangkat Goethe Italia tanpa memberikan temannya pemberitahuan. Dia bingung secara emosional pada saat itu, namun mereka akhirnya berdamai. Untuk Goethe, sepuluh tahun pertama di Weimar juga dapat digambarkan sebagai mengumpulkan dari berbagai gelar dan pengalaman yang mungkin dapat dicapai dengan cara lain.



Perjalanan Goethe ke semenanjung Italia 1786-1788 penting dalam pengembangan estetis dan filosofis. Lebih penting lagi, karya Johann Joachim Winckelmann telah menimbulkan minat baru umum dalam seni klasik Yunani dan Roma kuno. Perjalanan Goethe memiliki sesuatu sifat ziarah ke itu. Selama perjalanannya Goethe bertemu dan berteman dengan para seniman Angelica Kauffmann dan Johann Heinrich Wilhelm Tischbein, serta menghadapi karakter terkenal seperti Lady Hamilton dan Alessandro Cagliostro. Dia ke Sisilia "Melihat Italia tanpa pernah melihat Sisilia adalah tidak melihat Italia sama sekali, Sisilia adalah petunjuk segalanya."



Buku harian Goethe bentuk dasar dari nonfiksi Perjalanan Italia. Perjalanan Italia hanya mencakup tahun pertama kunjungan Goethe. Tahun yang tersisa sebagian besar tak tercatat, selain dari kenyataan bahwa ia menghabiskan sebagian besar di Venesia. Ini celah "dalam catatan" telah menjadi sumber spekulasi selama bertahun-tahun. Pada tahun 1792 akhir, Goethe ikut dalam pertempuran melawan Perancis revolusioner Valmy, membantu Duke Carl Agustus Sachsen-Weimar selama invasi Perancis gagal. Sekali lagi selama Pengepungan Mainz dia membantu Carl Agustus sebagai pengamat militer. Akunnya tertulis dari peristiwa-peristiwa ini dapat ditemukan dalam Complete Works.



Pada 1806, Goethe tinggal di Weimar dengan nyonya Christiane Vulpius, adik Kristen A. Vulpius dan putra mereka Julius Agustus Walter von Goethe. Goethe mengesahkan delapan belas tahun hubungan mereka dengan menikahi Christiane di kapel pengadilan. Mereka sudah punya beberapa anak. Anak mereka, Julius Agustus Walter von Goethe (25 Desember 1789 - 28 Oktober 1830), yang istrinya, Ottilie von Pogwisch (31 Oktober 1796 - 26 Oktober 1872), peduli pada Goethe sampai kematiannya 1832. Pasangan itu memiliki tiga anak: Walther, Freiherr von Goethe (9 April 1818 - 15 April 1885), Wolfgang, Freiherr von Goethe (18 September 1820 - 20 Januari 1883) dan Alma von Goethe (29 Oktober 1827 - 29 September 1844). Christiane Vulpius meninggal pada 1816.



Setelah 1793, Goethe mencurahkan usaha nya terutama untuk sastra. Pada tahun 1820, Goethe adalah pada istilah ramah dengan Kaspar Maria von Sternberg. Pada tahun 1823, setelah pulih dari penyakit jantung dekat fatal, Goethe jatuh cinta dengan Ulrike von Levetzow yang dia ingin menikah, tetapi karena oposisi dari ibunya ia tidak pernah diusulkan. Pertemuan terakhir mereka di Carlsbad pada 5 September 1823 menginspirasinya ke Elegi Marienbad terkenal yang dianggap sebagai salah satu karya terbaik dan tersayang itu. Pada 22 Maret 1832 setelah kehidupan produktivitas yang luas, Goethe meninggal di Weimar. Ia dimakamkan di Vault yg berkenaan dgn duke di Weimar Bersejarah Cemetery.




Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.