Tokoh Penjelajah dari Perancis

Marc-Joseph Marion du Fresne atau biasa disebut Dufresne adalah penjelajah Kebangsaan Perancis yang membuat penemuan penting di Samudra Hindia selatan, di Tasmania dan Selandia Baru, di mana ia meninggal. Namanya diabadikan di berbagai nama tempat, serta nama kapal penelitian memberikan dukungan logistik untuk Wilayah Perancis Selatan Île Amsterdam, Île Saint-Paul, Îles Crozet, dan Îles Kerguelen, para Marion Dufresne II.



Ia lahir dari seorang ayah bernama Marion Julien du Fresne dan ibu Seraphique Marie, (née Le Fer de la Lande) pada tanggal 22 Mei 1724 di Saint Malo, Brittany, Perancis dan bergabung dengan French East India Company pada usia 11 tahun (yang tidak biasa pada saat itu) sebagai sub-letnan di kapal Duc de Bourgogne. Ia seorang Explorer, navigator, pembuat peta. Ia menikahi Bernardine Guilmaut de Beaulieu ( Julie) namun tak memiliki keturunan.



Selama Perang Suksesi Austria, Ia mengkomando beberapa kapal dan menjadi kapten pada tahun 1745. Ia juga menemukan kepulauan Prince Edward dan kepulauan Crozet sebelum berlayar ke Australia. Ia menghabiskan waktu di Tasmania, dengan teluk Marion menggunakan namanya. Dalam Perang Tujuh Tahun, ia terlibat dalam berbagai operasi laut. Setelah perang, ia kembali berlayar pada rute India Timur dan akhirnya menetap di Port Louis di Mauritius, dimana ia juga adalah pelabuhan untuk beberapa waktu.



Ketika Perancis Timur runtuh dan India Company dibubarkan pada 1769, du Fresne tiba-tiba menganggur. Dia yakin Pierre Poivre, administrator sipil, untuk melengkapi dirinya dengan dua kapal dan menyuruhnya misi dua kali lipat : Pertama, ia adalah membawa Ahu-Toru, seorang Tahiti yang dibawa ke Paris dan ditampilkan di sana, tetapi dibawa kembali hanya sejauh Mauritius, kembali ke Tahiti. Kedua, ia mencari benua selatan. Du Fresne diberi dua kapal, yang Mascarin dan Marquis de Castries. Ahu-Toru meninggal karena cacar lama setelah keberangkatan mereka dari Port Louis.



Pada ekspedisi ini, ia pertama menemukan Kepulauan Prince Edward dan Kepulauan Crozet sebelum berlayar ke Australia. Mereka menghabiskan beberapa hari di Tasmania, di mana Marion Bay di tenggara dinamai menurut namanya. Dia adalah orang pertama Eropa untuk menjelajahi pulau itu dan karena interaksinya dengan Aboriginies Tasmania, adalah orang pertama yang menunjukkan bahwa Australia tidak nullius terra. Ia melihat Gunung Taranaki di Selandia Baru pada tanggal 25 Maret 1772. Ia menamai gunung itu Pic Mascarin tanpa mengetahui bahwa James Cook telah menamainya "Gunung Egmont" tiga tahun lebih awal.



Selama bulan berikutnya, mereka menjelajahi pulau, memperbaiki kapal mereka dan memperlakukan keji mereka, penahan pertama di Anchor Cove dan kemudian di Teluk Kepulauan. Rupanya hubungan mereka dengan Maori damai pada awalnya, mereka dapat berkomunikasi berkat kosakata Tahitian yang mereka pelajari dari Ahu-Toru, dan bahkan Maori mengadakan upacara untuk mereka. Namun, Prancis tampaknya memiliki tapu rusak milik nelayan di Teluk Manawaora. Tapu telah ditempatkan di daerah itu setelah anggota suku lokal tenggelam di sini beberapa waktu sebelumnya dan tubuh mereka telah terdampar di Tacoury's Cove. Maori setempat percaya bahwa pelanggaran akan menimbulkan kemarahan tidak hanya para dewa tetapi suku-suku tetangga dan itu memprovokasi perang.



Pada tanggal 12 Juni 1772, beberapa ratus prajurit Maori mensiasati du Fresne dan kru nelayan, yang telah tiba di daerah penangkapan favoritnya di konser "kecil". Du Fresne dan 26 orang anak buahnya tewas, termasuk de Vaudricourt dan Lehoux, Pierre (sukarelawan), Thomas Ballu dari Vannes, Pierre Mauclair (pilot kedua) dari St Malo, Louis Ménager (jurumudi) dari Lorient , Vincent Kerneur Port-Louis, Marc Le Garff dari Lorient, Marc Le Corre dari Auray, Jean Mestique dari Pluvigner, Pierre Cailloche dari Languidic dan Mathurin Daumalin dari Hillion. Du Fresne meninggal pada umur 48 tahun di Tacoury's Cove, Teluk Kepulauan, Selandia Baru



Letnan Crozet pergi dengan jumlah anggota kecil untuk mencari du Fresne ketika dia lama tidak kembali ke Mascarin. Ketika Crozet meneliti dan belajar dari kematian mereka, ia pun kembali ke kapal. Dalam pembalasannya, Prancis membakar sebuah desa bernama Paeroa, menewaskan 250 Maori. Mereka menamakan tempat itu teluk Anse "des Assassinats" (Pembunuhan Cove). Mereka meninggalkan mereka dan tempat itu pada 12 Juli 1772. Perancis mengubur botol di Waipoa pada Moturua, berisi senjata Perancis dan pernyataan resmi mengambil milik seluruh negeri, dengan nama "Perancis Australe." Dibangun Monumen untuk mengenang Nicolas Thomas Marion-Dufresne dan anggotanya di Te Hue Bay, "Pembunuhan teluk"





Referensi : Biografi Joseph Marion du Fresne Marc, Kamus Biografi Selandia Baru




Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.