Filsuf dan Penulis Perancis d'Holbach

Paul-Henri Thiry, Baron d'Holbach (8 Desember 1723 - 21 Januari 1789) adalah seorang penulis Perancis-Jerman, filsuf, penulis ensiklopedia dan tokoh terkemuka dalam Pencerahan Perancis. Ia dilahirkan di Dietrich Heinrich Paulus Edesheim, dekat Landau di Pfalz RMG, tapi tinggal dan bekerja di Paris. Ia dikenal karena kekafirannya dan untuk tulisan-tulisan yang luas terhadap agama, yang paling terkenal diantaranya adalah System of Nature (1770). Ibu Holbach's (née Holbach) adalah putri kolektor pajak Pangeran-Uskup. Ayahnya, Johann Jakob Dietrich, adalah petani anggur. Dia dibesarkan di Paris oleh pamannya Franz Adam Holbach, yang telah menjadi jutawan dengan berspekulasi di bursa saham Paris. Dengan dukungan keuangannya, d'Holbach kuliah di University of Leiden 1744-1748 dan menikahi sepupunya keduanya, Basile-Geneviève d'Aine, pada 1749.



Pada 1753 paman dan ayahnya meninggal, meninggalkan d'Holbach warisan besar. Pada 1754, istrinya meninggal dari penyakit yang tidak diketahui. Holbach pindah ke provinsi untuk jangka waktu singkat dengan temannya, Baron Grimm dan pada tahun berikutnya menerima dispensasi khusus dari Paus untuk menikahi saudara istri almarhum, Charlotte-Susanne d'Aine. Meskipun ia banyak menghabiskan waktunya di tanah negara di Grandval, d'Holbach menggunakan harta untuk mempertahankan salah satu salon Paris terkenal dan mewah, yang segera menjadi tempat pertemuan penting bagi para kontributor Encyclopédie. Pertemuan diadakan secara teratur dua kali seminggu, pada hari Minggu dan Kamis, di rumah Holbach's di rue Royale, Butte Saint-Roche sekitar 1750-1780. Pengunjung ke salon itu khusus laki-laki, dan nada diskusi tinggi, sering memperluas topik lebih luas dibandingkan dengan salon lain.



Bersama dengan makanan yang sangat baik, anggur mahal, dan lebih dari 3000 volume perpustakaan, banyak menarik pengunjung terkemuka. Di antara pelanggan tetap hadir di holbachique-salon kalangan teman-teman berminat sama adalah sebagai berikut: Diderot, Grimm, Condillac, Condorcet, D'Alembert, Marmontel, Turgot, La Condamine, Raynal, Helvétius, Galiani, Morellet, Naigeon dan, untuk waktu Jean-Jacques Rousseau. salon ini juga dikunjungi oleh cendekiawan Inggris terkemuka, di antara mereka Adam Smith, David Hume, John Wilkes, Horace Walpole dan Edward Gibbon. D'Holbach dikenal karena kemurahan hatinya, sering menyediakan dukungan finansial diam-diam atau secara anonim kepada teman-temannya, di antara mereka Diderot. Diperkirakan bahwa ateis saleh Wolmar dalam Jean-Jacques Rousseau's Julie, ou la nouvelle Héloïse didasarkan pada d'Holbach.



Holbach meninggal di Paris tanggal 21 Januari 1789, beberapa bulan sebelum Revolusi Perancis. Karangannya berbagai karya anti-agama tidak menjadi dikenal secara luas sampai awal abad ke 19. Untuk Encyclopédie d'Holbach mengarang dan diterjemahkan sejumlah besar artikel tentang topik mulai dari politik dan agama untuk kimia dan mineralogi. Sebagai Jerman yang telah menjadi seorang Prancis naturalisasi, ia melakukan banyak terjemahan Jerman karya kontemporer dari filsafat alam ke dalam bahasa Prancis. Dari 1751 dan 1765 ia memberikan kontribusi sekitar empat ratus artikel untuk proyek ini, sebagian besar pada mata pelajaran ilmiah, di samping untuk melayani sebagai editor beberapa buku tentang filsafat alam.



D'Holbach mungkin juga telah menulis beberapa entri meremehkan agama non-Kristen, dimaksudkan sebagai kritik terselubung kekristenan itu sendiri. Meskipun kontribusi yang luas kepada Encyclopédie, d'Holbach lebih dikenal hari ini untuk tulisan filosofisnya, yang semuanya diterbitkan secara anonim atau dengan nama samaran dan dicetak di luar Perancis, biasanya di Amsterdam. filsafat adalah tegas materialistik dan ateistik dan saat ini dikategorikan ke dalam gerakan filsafat yang disebut materialisme Perancis. Pada 1761 Christianisme dévoilé ("Kristen Unveiled") muncul, di mana ia menyerang agama Kristen dan pada umumnya sebagai rintangan bagi kemajuan moral kemanusiaan. The deistic Voltaire menolak untuk filsafat Holbach. Kekristenan Unveiled diikuti oleh orang lain, terutama La sacrée Menular (1768 - "The Menular Suci"), Théologie yg mudah dipindahkan (1768 - "Portable Theology") dan Essai sur les préjugés (1770 - "Essay on prasangka"). D'Holbach dibantu oleh Jacques-André Naigeon, yang kemudian akan menjadi pelaksana sastra.



Pada 1770, d'Holbach menerbitkan bukunya yang paling terkenal, The System of Nature (Le Systeme de la alam), dengan nama Jean-Baptiste de Mirabaud, sekretaris dari Akademi Ilmiah Perancis yang meninggal sepuluh tahun sebelumnya. Menyangkal keberadaan dewa dan menolak untuk mengakui sebagai bukti semua sebuah argumen apriori, d'Holbach melihat di alam semesta tidak menyimpan materi dalam gerak, terikat oleh hukum alam tak terhindarkan sebab dan akibat. Sistem Alam adalah karya yang panjang dan luas menyajikan pandangan naturalistik secara menyeluruh dunia. Beberapa ahli telah menunjukkan bahwa Denis Diderot adalah teman pribadi d'Holbach dan tidak jelas sampai sejauh mana d'Holbach dipengaruhi oleh dia. Mungkin Diderot telah menulis bagian dari Sistem Alam, namun dari tingkat kontribusi Diderot terhadap Sistem Alam, filsafat Holbach tetap "puncak dari materialisme Perancis dan ateisme".



Tujuan D'Holbach dalam menantang agama terutama moral: Dia melihat institusi Kristen sebagai suatu hambatan yang besar bagi perbaikan masyarakat. Baginya, dasar moralitas itu harus dicari bukan dalam Kitab Suci tetapi dalam kebahagiaan: The eksplisit ateistik dan materialistis Sistem Alam disajikan inti dari ide radikal yang sezaman, baik gereja dan philosophes mengganggu, sehingga memicu reaksi yang kuat. Gereja Katolik di Prancis mengancam dengan penarikan dukungan keuangan secara efektif menekan sirkulasi buku. Teolog unggulan Nicolas-Sylvestre Bergier menulis sanggahan dari berjudul Systeme matérialisme Examen du (Materialisme diperiksa). Voltaire menangkap penanya untuk menolak filosofi dari Systeme dalam artikel "Dieu" dalam philosophique Dictionnaire, sementara Frederick Agung juga menyusun jawaban untuk itu. Prinsipnya diringkas dalam bentuk yang lebih populer di d'Common Sense Holbach's, atau Natural Menentang Ide untuk Supernatural (Bon Sens, pada idées aux idées opposees naturelles surnaturelles) (Amsterdam, 1772).



Dalam karya terakhirnya, perhatian Holbach bergeser dari metafisika agama ke pertanyaan moral dan politik. Dalam Systeme sosial (1773), politique naturelle (1773-1774) dan Semangat universelle (1776) dia mencoba menjelaskan sistem moralitas di tempat Kristen begitu keras menyerang, tetapi tulisan ini tidak populer atau berpengaruh. D'Holbach sangat kritis terhadap penyalahgunaan kekuasaan di Perancis dan luar negeri. Bertentangan dengan semangat revolusioner, ia menyeru kelas terdidik untuk mereformasi sistem pemerintahan yang korup dan memperingatkan terhadap revolusi, demokrasi dan aturan massa. Dilihatnya politik dan etika dipengaruhi oleh materialis Inggris Thomas Hobbes. D'Holbach pribadi telah menterjemahkan Hobbes 'De Homine ("Man") ke dalam bahasa Prancis. Filsafat materialistik Baron d'Holbach memiliki pengaruh dalam materialisme historis dari Karl Marx, yang mempelajari ide d'Holbach dan Helvetius pemikir Perancis.


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.