Tokoh Penjelajah dari Inggris

Kapten James Cook FRS RN (7 November [KJ: 27 Oktober] 1728 - 14 Februari 1779) adalah seorang penjelajah Inggris, navigator dan pembuat peta, akhirnya naik ke pangkat kapten di Angkatan Laut Kerajaan. Cook adalah orang pertama untuk memetakan Newfoundland sebelum membuat tiga perjalanan ke Samudra Pasifik di mana ia mencapai kontak Eropa pertama dengan garis pantai timur Australia dan Kepulauan Hawaii serta mengelilingi tercatat pertama Selandia Baru.



Cook lahir di Marton desa di Yorkshire, sekarang milik pinggiran kota Middlesbrough. Ia dibaptiskan di gereja lokal St Cuthbert, di mana, hari ini, namanya dapat dilihat dalam daftar gereja. Cook adalah yang kedua dari delapan anak dari James Cook, seorang buruh tani Skotlandia, dan nya lokal lahir istri Grace Pace dari Thornaby pada Tees. Pada tahun 1736, keluarganya pindah ke pertanian Holme Airey di Great Ayton, di mana dia majikan ayah, Thomas Skottowe dibayar baginya untuk menghadiri sekolah setempat (sekarang museum).



Pada 1741, setelah lima tahun sekolah, ia mulai bekerja untuk ayahnya, yang sekarang telah dipromosikan menjadi manajer pertanian. Untuk rekreasi ia akan mendaki bukit terdekat, Roseberry Topping, menikmati kesempatan untuk menyendiri,. Rumah terakhir orangtuanya, yang cenderung memiliki dikunjungi, sekarang di Melbourne, yang telah pindah dari Inggris dan memasang kembali bata oleh batu bata pada tahun 1934. Pada 1745, ketika ia 16, Cook pindah 20 mil (32 km) ke desa nelayan Staithes akan magang sebagai anak toko ke toko kelontong dan pedagang kelontong William Sanderson. Para sejarawan telah berspekulasi bahwa ini adalah tempat pertama merasakan Cook daya tarik laut sambil menatap keluar dari jendela toko.



Setelah 18 bulan, tidak membuktikan cocok untuk kerja toko, Cook melakukan perjalanan ke kota pelabuhan terdekat Whitby untuk diperkenalkan kepada teman-teman Sanderson, John dan Henry Walker. Walkers yang terkemuka lokal kapal-pemilik dan Quaker, dan berada di perdagangan batubara. Rumah mereka sekarang adalah Captain Cook Memorial Museum. Cook diambil sebagai pedagang angkatan laut magang di armada kecil kapal plying batubara di sepanjang pantai Inggris. penugasan pertamanya adalah kapal Freelove pekerja tambang batu bara, dan ia menghabiskan beberapa tahun ini dan berbagai coaster lainnya berlayar antara dan London Tyne. Sebagai bagian dari magang ini, Cook diterapkan dirinya untuk studi aljabar, geometri, trigonometri, navigasi dan astronomi, semua kemampuan dia akan membutuhkan satu hari untuk perintah kapal sendiri.



Magangnya tiga tahun selesai, Cook mulai mengerjakan kapal dagang di Laut Baltik. Dia segera berkembang melalui jajaran pedagang Angkatan Laut, dimulai dengan 1752 promosi untuk Mate (petugas yang bertanggung jawab atas navigasi) kapal brig Persahabatan Collier. Pada 1755, dalam satu bulan dari perintah yang ditawarkan kapal ini, ia menjadi relawan untuk layanan di Angkatan Laut Kerajaan, sebagai Britania adalah untuk mempersenjatai kembali apa yang menjadi Perang Tujuh Tahun. Meskipun kebutuhan untuk memulai kembali di bawah hirarki angkatan laut, Cook menyadari kariernya akan maju lebih cepat dalam pelayanan militer dan masuk Angkatan Laut di Wapping pada tanggal 7 Juni 1755.



Cook bergabung dengan angkatan laut pedagang Inggris sebagai remaja dan bergabung dengan Royal Navy pada tahun 1755. Dia melihat aksi dalam Perang Tujuh Tahun, dan kemudian disurvei dan dipetakan banyak pintu masuk ke Sungai Saint Lawrence selama pengepungan Quebec. Hal ini memungkinkan Umum Wolfe untuk membuat stealth terkenal serangan terhadap Plains Abraham, dan membantu untuk membawa Cook menjadi perhatian dari Admiralty dan Royal Society. Pemberitahuan ini datang pada saat yang sangat penting baik dalam karir pribadi dan ke arah eksplorasi luar negeri Inggris, dan menyebabkan komisi di 1766 sebagai komandan HM Bark Endeavour untuk pertama dari tiga pelayaran Pasifik.



Cook memetakan banyak kawasan dan beberapa pulau dicatat dan garis pantai pada peta Eropa untuk pertama kalinya. prestasi-Nya dapat disebabkan kombinasi ilmu pelayaran, survei superior dan keterampilan kartografi, keberanian untuk mengeksplorasi lokasi berbahaya untuk mengkonfirmasi fakta-fakta (misalnya mencelupkan ke dalam lingkaran Antartika berulang kali dan menjelajahi sekitar Great Barrier Reef), kemampuan untuk memimpin orang di kondisi buruk, dan keberanian baik berkaitan dengan sejauh mana eksplorasi dan kesediaannya untuk melampaui instruksi yang diberikan kepadanya oleh Angkatan Laut.



Cook menikahi Elizabeth Batts (1742-1835), putri Samuel Batts, penjaga Inn Bell, Wapping dan salah satu mentor nya, pada 21 Desember 1762 di Gereja St Margaret di Barking, Essex. Pasangan itu memiliki enam orang anak: James (1763-1794), Nathaniel (1764-1781), Elizabeth (1767-1771), Joseph (1768-1768), George (1772-1772) dan Hugh (1776-1793). Jika tidak di laut, Cook tinggal di East End London. Ia masuk St Paul's Church, Shadwell, di mana putranya James dibaptis. Stepney Bersejarah Trust telah menempatkan sebuah plakat di Perdagangan Bebas Wharf di Highway, Shadwell untuk memperingati kehidupannya dalam East End London. Cook meninggal dunia di Hawaii dalam pertempuran dengan Hawaii dalam perjalanan eksplorasi ketiga di Pasifik pada tahun 1779.


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.