Raja Nepal Prithvi Narayan Shah

Prithvi Narayan Shah, Raja Nepal (1723 - 1775 M; Nepal: ?????? ?????? ???) adalah seorang bangsawan pemimpin Nepal. Ia adalah keturunan generasi ke-9 dari Dravya Shah (1559 - 1570 M), pendiri dinasti berkuasa Gorkha. Prithvi Narayan Shah melanjutkan ayahnya, Raja Nara Bhupal Shah ke tampuk kekuasaan Gorkha tahun 1743 M dan ibunya bernama Kaushalyawati Shah



Ia lahir dari kehamilan Kaushalyawati, namun Shah dibesarkan oleh Chandra Prabhavati. Dia mulai mengambil perhatian umum dengan kepentingan negara karena ayahnya menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang doa. Dia memiliki hasrat yang besar untuk mendapatkan kemenangan atas Nuwakot. Dia memiliki keinginan untuk mendapatkan kemenangan bahkan dengan pertempuran penuh semangat.



Chandra Prabhavati adalah kesempurnaan kesetiaannya terhadap penyatuan Nepal modern. Berjalan sekitar Gorkha dan berbicara kepada orang-orang tentang keprihatinan umum istana itu perumpamaan orang itu dan ini membantunya untuk memahami kebutuhan warga Gorkha.



Catatan Kesuksesan Raja Prithvi Narayan Shah dimulai dengan penyatuan Nuwakot, yang terletak antara Kathmandu dan Distrik Gorkha. tahun 1744 M. Setelah Nuwakot, ia menduduki tempat-tempat strategis di bukit yang mengelilingi Lembah Kathmandu. Dengan demikian komunikasi di lembah ini menuju dunia luar terputus. Pendudukan Celah Kuti tahun 1756 M menghentikan perdagangan di lembah ini dengan Tibet.



Akhirnya, Raja Prithvi Narayan Shah memasuki Lembah, setelah menguasai Kirtipur. Akibatnya, Jaya Prakash Malla dari Kathmandu berusaha kabur dengan istrinya dan mengasingkan diri di Patan. Ketika pendudukan meluas hingga Patan beberapa minggu kemudian, Jaya Prakash Malla dan Raja Patan, Tej Narsingh Malla, mengungsi di Bhaktapur, yang juga dikuasai kemudian.



Selanjutnya, Raja Prithvi Narayan Shah menguasai Lembah Kathmandu dan menjadikan Kathmandu ibukota Nepal tahun 1769 M. Setelah dasar Kerajaan Nepal dibentuk, Raja Prithvi Narayan Shah mengalihkan perhatiannya ke wilayah timur. Kerajaan Choudandi milik Sena dikuasai tahun 1773 M dan Vijaypur, Kerajaan Sena lainnya dianeksasi kemudian.



Nepal pada masa itu memanjang dari Punjab hingga Sikkim dan hampir dua kali lebih luas daripada sekarang. Raja Prithvi Naraya? Shah menutup perbatasannya dan membina hubungan damai tapi jauh dengan Britania Raya, menolak berdagang dengan mereka.



Raja Prithvi Narayan Shah wafat sebelum ia dapat menyelenggarakan administrasi negara barunya. Ia wafat bulan Januari 1775 M pada usia 52 tahun. Setelah kematiannya, Prithvi Naraya? digantikan oleh putranya, Pratap Singh Shah.




Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.