Syith - Awal Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Sejak Nabi Adam AS turun ke dunia, perkembangan populasi manusia sangat cepat. Usia manusia pada waktu itu bisa mencapai ribuan tahun sedang pertumbuhan kelahiran berlipat ganda setiap tahunnya. Nabi kedua setelah Nabi Adam AS adalah Nabi Syith AS, Beliau merupakan keturunan pertama dari Nabi Adam AS dan dikaruniai kenabian oleh ALLAH SWT.



Nabi Syith AS adalah Nabi yang Shaleh dan memiliki pengetahuan yang tinggi karena dianugrahi otak yang cerdas. Beliau banyak belajar ilmu pengetahuan dari bapaknya Adam AS. Dari Nabi Syith AS lah ilmu pengetahuan berkembang luas. Nabi Syith AS menetapkan kaidah-kaidah hukum. Sejak terjadinya perkara perkelahian anak Adam Habil dan Qabil, maka sejak jaman Nabi Syith AS telah ada ketetapan-ketetapan mengenai hukum kriminal atau dalam istilah hukumnya adalah hukum pidana.



Nabi Syith AS telah membuat ketetapan takaran dan timbangan sehingga setiap orang dapat membagi makanan secara adil. Selain itu Nabi Syith AS juga telah mengembangkan ilmu hitung, ilmu falaq atau ilmu perbintangan sehingga pada masa Nabi Syith AS ilmu pengetahuan alam pun sudah berkembang dengan pesat.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.