Ilyasa - Pendamping dan Penerus Ilyas

Nabi Ilyasa hidup sekitar Abad 9 SM. Dalam Kitab lain ia dikenal dengan nama Elisa. Ilyasa adalah anak dari Saffet (paman nabi Ilyas) dan penerus Nabi Ilyas. Ilyasa adalah rasul dari kalangan bani Israel dengan garis keturunan yang sama dengan Musa, Harun dan Ilyas. Dia menghadapi sikap penyangkalan Raja dan Ratu Israel terhadap agama sepeninggalan Nabi Ilyas. Nabi Iyasa menunjukkan banyak mujizat tapi malah dikatakan sihir seperti kepada Ilyas sebelumnya. Mereka terus membangkang sepanjang hidup nabi Ilyasa.



Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik (QS Shaad : 48)



Setelah beberapa lama bangsa Israel ditaklukan oleh bangsa Assyria yang menghancurkan Kuil Gunung dan menyebabkan kerusakan parah di Israel.Nama Ilyasa disebut dalam kisah Nabi Ilyas, saat Rasul itu dikejar-kejar kaumnya dan bersembunyi di rumah Ilyasa. Maka besar kemungkinan Ilyasa juga tinggal diseputar lembah sungai Yordan.



Ketika Ilyas bersembunyi di rumahnya, Ilyasa masih belia dan saat itu menderita sakit. Nabi Ilyas membantu menyembuhkan penyakitnya. Setelah sembuh Ilyasa menjadi anak angkat Ilyas yang selalu mendampingi untuk menyerukan kebaikan dan meneruskan tugas menyeru kepada kebaikan tesebut setelah Ilyas wafat. Namun kaum tersebut masih saja membangkang mendengar seruan Nabi Ilyasa sehingga mengalami lagi azab kekeringan yang hebat.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.