Talhah ibn Ubaydullah

Pada suatu waktu Talhah ibn Ubaydullah kembali ke Makkah terburu-buru dari perjalanan berdagang ke Syria, Talhah bertanya pada keluarganya: "Apakah ada yang terjadi di Makkah sejak aku meninggalkan?" "Ya," mereka menjawab. "Muhammad ibn Abdullah yang muncul menyatakan bahwa ia adalah seorang Nabi dan Abu Quhafah (Abu Bakr) telah mengikuti dia" "aku sangat mengetahui Abu Bakr," Talhah mengatakan "Ia adalah orang yang benar, orang ramah tamah, yang lembut. Ia adalah jujur dan tegak lurus pandangan. Aku sungguh menyukai dia dan mencintai duduk dalam majelisnya oleh karena pengetahuan dari silsilah dan sejarah Quraysh nya." Kemudian, Talhah pergi ke Abu Bakr dan bertanya: "Apakah benar apa yang mereka katakan, Muhammad itu ibn Abdullah telah muncul sebagai Nabi dan anda mengikuti dia" "Ya," Abu Bakr menjawab dan menceritakan kepada Talhah tentang Muhammad dan suatu hal yang baik jika ia mengikutinya.



Talhah pada gilirannya menceritakan kepada Abu Bakr cerita dari pertemuan aneh yang terbarunya dengan seorang petapa di pasar Busra dari Syria. Petapa itu mengatakan kepada Talhah bahwa seseorang yang dipanggil "Ahmad" akan muncul di Makkah tentang hal tesebut dan bahwa ia adalah Nabi terakhir. Ia juga menceritakan kepada Talhah, maka kisahnya, bahwa Nabi itu akan tinggalkan tanah suci Makkah dan berpindah ke suatu daratan dari lahan yang hitam. Abu Bakr dikejutkan oleh cerita itu dan membawa Talhah ke hadapan Muhammad SAW. Rasulullah menerangkan ke Talhah dan beberapa bagian diceriterakan dari Quran kepadanya. Talhah sangat tertarik. Ia menghubungkan percakapan Nabi dengan petapa dari Busra. Dengan segera sesaat itu juga, Talhah melafalkan Shahadah - yang tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad itu adalah Utusan dari Allah. Ia adalah orang yang keempat yang telah diperkenalkan ke Islam oleh Abu Bakr.



Quraysh sangat dikejutkan oleh Talhah yang muda menerima Islam. Satu yang paling ditakutkan dan menjadi tak bahagia adalah ibu nya. Dia telah berharap suatu hari agar ia jadi pemimpin di masyarakat nya oleh karena karakter mulianya dan kebaikan yang terkemuka. Sebagian dari Quraysh, marah dan merasa cemas, pergi ke Talhah secepat mereka berusaha menghentikan dia menjauh dari agama baru nya tetapi menemukan dia tak tergoyahkan bagai batu karang. Ketika mereka berputus-asa dari menggunakan bujukan yang lembut untuk mencapai tujuan mereka, mereka memilih kekerasan dan penyiksaan. Yang berikut cerita terkait oleh Masud ibn Kharash: "Selagi aku sedang melakukan Sa'i antara as-Safa dan al-Marwa, disana muncul suatu kerumunan dari orang-orang yang mendorong suatu anak muda tangannya diikat di belakang punggungnya. Mereka menghujani pukulan yang dikepalanya. Di kerumunan ada yang mencambuk dia berulang-kali dan memaki. aku bertanya 'Ada apa dengan anak muda ini?' ' Ini adalah Talhah ibn Ubaydullah. Ia menyerahkan agamanya. Talhah terikat dengan suatu tali dengan Abu Bakr dan kemudian menyerahkan mereka kepada rakyat banyak dipukul dan disiksa. Pengalaman bersama tidak diragukan menarik Abu Bakr dan Talhah semakin dekat bersama!



Tahun yang dilewati dan peristiwa mengambil arti besar bagi Talhah dalam perkembangan ketika ia menderita dari diuji di jalan Nabi dan Tuhannya. Ia memperoleh reputasi yang unik diantara umat Muslim dan dipanggil "martir hidup". Nama dari "martir hidup" didapat Talhah sepanjang perang Uhud. Namun Talhah kehilangan kesempatan pada saat perang Badr. Ia dan Said ibn Zayd telah dikirim di luar Madinah di suatu misi oleh Rasulullah dan ketika mereka kembali, Rasulullah dan rekan nya telah menuju Badr. Mereka keduanya sedih kehilangan kesempatan ambil bagian bersama Rasulullah tetapi ia amat disenangkan ketika diberitahu bahwa mereka akan mendapatkan penghargaan yang sama sebagai mereka yang benar-benar pergi. Di perang Uhud, ketika Muslim jatuh ke kekacauan pada awal pertempuran, posisi Rasulullah jadi berbahaya. Ada sekitar 11s orang dari Ansar pada sisi nya dan satu Muhajir - Talhah ibn Ubaydullah.. Rasulullah yang memanjat gunung dikejar beberapa mushrikin. Rasulullah berteriak :"Siapa yang memukul mundur orang itu dari kita akan jadi rekan ku di Surga" "Saya Ya Rasulullah" teriak Talhah. "Tidak, berpantang dengan posisi mu," dijawab Rasulullah.



Seorang laki-laki dari Ansar yang menyanggupi dan Rasulullah setuju. Ia berkelahi sampai ia dibunuh. Kaum mushrikin masih di dalam pengejaran yang dekat. "Tidak ada seseorang untuk menyerang?" Talhah menyanggupi tetapi Rasulullah yang berpesan agar dia memelihara posisinya. Orang lain dengan seketika tampil ke depan, berkelahi dan dibunuh. Ini terjadi sampai semua yang berdiri di depan Rasulullah terbunuh kecuali Talhah. "Sekarang, ya," kata Rasulullah memberitahu Talhah memasuki pertempuran. Pada waktu itu ia mencurahkan tenaga melawan musuh dan Talhah didorong menjauh dari Rasulullah. Ia kembali kepada Rasulullah dan membantu beliau dan terus melindungi beliau. Ia memperbaharui serangannya dan sukses memukul mundur musuh. Abu Bakr berkata: "Pada saat itu, Abu Ubayd ibn al-Jarrah dan aku jauh dari Rasulullah. Ketika kita datang untuk membantu Rasulullah berkata : 'Tinggalkan aku dan pergi ke rekan mu (Talhah maksudnyai)". Talhah mengalami pendarahan dan mempunyai banyak luka di kakinya juga tombak yang telah patah, ia telah jatuh ke dalam cekungan dimana ia tak sadarkan diri. Setelah itu, Rasulullah berkata : "Siapapun disenangkan melihat seorang laki-laki masih berjalan di atas bumi yang telah diselesaikan jengkalnya (dari hidup), dia Talhah ibn Ubaydallah.", Hari itu, yang keseluruhan hari kepunyaan Talhah"



Talhah adalah seorang pedagang cerdik dan sukses yang bepergian secara luas ke utara dan selatan dari Semenanjung dari Arab itu. Konon bahwa setelah salah satu dari perjalanannya ke Hadramawt, ia mempunyai laba berjumlah sekitar tujuh ratus ribu dirhams. Malamnya dia merasa cemas oleh karena kekayaan yang luas ini. Di satu malam, isterinya Umm Kulthum putri dari Abu Bakr, berkata kepada dia: "Apa yang salah dengan anda, O bapak dari Muhammad? Barangkali aku sudah melakukan sesuatu yang menyakiti anda.'?" "Tidak ada" "Anda adalah seorang isteri yang sangat bagus untuk seorang Muslim. Tetapi aku tengah berpikir sejak semalam �Bagaimana mungkin seorang laki-laki berpikir tentang Tuhan nya ketika ia pergi tidur dengan kekayaan ini di rumahnya?" "Mengapa itu mengganggu anda," Umu Kulthum bertaka. "Bagaimana orang-orang kaum fakir miskin di masyarakatmu dan para temanmu? Setiap anda bangun pagi berbagi ke luar antara mereka" "Tuhan memberkati Anda sungguh mengagumkan, putri dari seorang orang yang mengagumkan," kata Talhah kepada isterinya. Pagi-Pagi Talhah mengumpulkan uang dan membagikannya di antara Ansar dan Muhajirin yang lemah/miskin.



Seseorang telah menyebutkan kepada saya sebelumnya,"Talhah sesungguhnya dikenal kedermawanan nya kepada semua anggota dari kaumnya. Talhah terkenal membantu para orang yang permasalahan hutang, kepala keluarga yang mengalami kesukaran dan para janda. Salah satu dari para teman nya, as-Said ibn Zayd, berkata : "ku menemani Talhah ibn Ubaydallah di perjalanan dan aku menginap di rumah dia dan aku belum menemukan seseorang yang lebih dermawan dengan uang, pakaian dan makanan dibanding Talhah." Talhah juga dihubungkan dengan perang saudara atau fitnah pertama antar Muslim setelah kematian Rasulullah. Benih gangguan ditaburkan sepanjang kalifah dari Uthman ibn Affan. Ada banyak tuduhan terhadap dia. Para pengacau menuduh dengan tujuan untuk menghabisi dia. Di tahun 35 H (656 M) suatu kelompok mengepung rumah Uthman dan membunuhnya saat sedang membaca Quran. Itu adalah salah satu peristiwa paling mengejutkan pada awal sejarah dari Islam.



Ali dibujuk untuk menerima tanggung jawab Khalifah dan semua Muslims bersumpah kesetiaan kepadanya, mencakup Zubayr dan Talhah ibn al-Awwam. Namun Talhah dan Zubayr sangat dikejutkan oleh pembunuhan Uthman. Mereka dikejutkan dan dirasakan betul-betul bahwa para pembunuh harus dihukum dan keadilan itu harus dilaksanakan. Hanyalah menghukum para pembunuh adalah bukan suatu tugas yang gampang dalam suatu kejahatan dari beberapa individu dan jumlah besar. Aisah pun sangat dikejutkan ketika dia mendengar tentang pembantaian diri Uthman. Dari Basrah sejumlah besar pasukan sedang berkumpul untuk mencari pembalasan dendam untuk kematian Ustman. Angkatan perang yang dikumpulkan di Basrah nampak menyiapkan suatu tantangan ke Ali. Tetapi suatu yang sulit untuk berhadapan dengan pemberontakan, ia harus menghadapi saudara laki-lakinya, rekannya dan teman pengikut Rasulullah. Dengan melawan terhadap angkatan perang dari mereka yang ia hormati dan cintai. Angkatan perang berteriak untuk balas dendam bagi Uthman. Ali dijemput di suatu tempat Kuraybah, dekat Basrah. Ali menginginkan untuk menghindari peperangan dan mengatasi berbagai hal dengan tenang. Ia menggunakan makna untuk mencapai damai. Ia bertaut pada harapan menghindarkan konfrontasi. Tetapi angkatan perang yang gelap melawan terhadap Islam dan banyak adalah sulit ditentukan bahwa berbagai hal bisa gagal, suatu akhir mengerikan dan berdarah.



Ali menangis. Ia menangis dengan pahit ketika ia lihat Aishah yang memiliki kedudukan utama ditandu duduk diatas unta sekarang muncul untuk berjuang. Dan ketika ia lihat Zubayr dan Talhah, dua tameng dari Rasulullah di tengah angkatan perang, ia berteriak kepada mereka untuk muncul kepadanya. Ali berkata kepada Talhah: "O Talhah, sudah anda datang dengan isteri Rasulullah untuk berjuang bersama dengan nya...?" Dan ke Zubayr ia berkata:"O Zubayr, aku memohon anda, demi Allah, apakah anda ingat hari ketika Rasulullah dilewati anda dan kita adalah dalam yang sedemikian dan tempat seperti itu dan ia bertanya anda: ' Apakah anda mencintai Ali?' dan anda berkata: ' Mengapa aku seharusnya tidak mencintai kemenakan ku dan orang yang dengan kata-kata sebagai berikut agama ku.?'"



Ali yang melanjutkan bertemu dengan mereka mengingatkan mereka dari ikatan iman dan persaudaraan. Pada akhirnya kedua-duanya Zubayr dan Talhah menarik dari keikutsertaan di perang saudara ini. Mereka menarik dengan seketika ketika mereka lihat situasi dalam suatu cahaya yang berbeda. Tetapi mereka membayar penarikan itu dengan hidup mereka. Ketika mereka menarik, seorang laki-laki Amr dinamai ibn Zubayr Jarmouz yang diikuti dan dengan takut-takut membunuh dia sedang ia melakukan Salat. Talhah dibunuh oleh suatu panah menurut dugaan orang, ditembak oleh Marwan - seorang kemenakan dari Uthman yang dulu terlalu dibutakan oleh amukan dan keinginan untuk mencari pembalasan dendam untuk sanaknya untuk bereaksi terhadap kemungkinan dari menghindarkan penumpahan darah dan peperangan antar Muslims.



Pembunuhan Uthman telah menjadi janji untuk bertemu Talhah's dengan tujuan. Ia tidak mengambil bagian berkelahi dan pembunuhan yang menjadi dikenal di sejarah sebagai" Pertempuran Unta". Tentu saja, jika ia telah diketahui bahwa fitnah pasti telah diturunkan ke dalam kepahitan dan kebencian yang sangat bodoh seperti itu dan diakibatkan hasil yang berdarah seperti itu, ia pasti telah menentang itu. Ia bukan tekun untuk berjuang Ali. Ia adalah hanya digemparkan oleh pembunuhan dari Uthman dan ingin lihat keadilan dilaksanakan. Sebelum permulaan dari pertempuran ia telah dikatakan dalam suatu suara mencekik dengan emosi: " O Tuhan, demi Uthman, mengambil dari aku hari ini sampai Engkau disenangkan." Kemudian ketika Ali menghadapi dia dan Zubayr, mereka lihat ketepatan dari posisi nya dan menarik dari pertempuran. Masih, di keadaan yang sulit, kesyahidan ini disediakan untuknya.



Perang Unta berakhir. Ali melayani baik bagi perjalanan Aishah, memberinya semua penghormatan dan kenyamanan dalam kaitan dengannya. Ketika banyak yang mati dari pertempuran dibawanya bersama-sama, Ali memimpin doa pemakaman untuk mereka semua, mereka yang ada bersama dia dan mereka yang adalah melawan terhadap dia. Dan ketika ia telah menguburkan Zubayr dan Talhah dan penguburan selesai, ia mengucapkan selamat tinggal pada mereka dengan sedih, suatu hati mengisi dengan cinta dan kelembutan."aku benar-benar berharap," ia berkata di kata-kata sederhana dan yang mahamulia, "Talhah, az-Zubayr, Uthman dan aku akan jadilah antara mereka dari siapa Tuhan telah berkata: ' Dan Kami akan mencabut dari hati mereka perasaan yang tersembunyi yang manapun dari luka-luka dan dendam; mereka akan jadilah saudara laki-laki dengan penuh kegembiraan menghadapi satu sama lain di tahta dari martabat." Quran, Surah al-Hijr, 15:: 47) Kemudian ia melihat dengan lemah lembut dan secara sedih di kuburan dari saudara laki-laki nya dalam iman dan berkata: "aku sudah mendengar dengan dua telinga ini dari tameng Rasulullah, boleh Allah memberkati dia dan dana dia damai, perkataan: " Talhah dan az-Zubayr adalah rekan ku di Surga!"

Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.