Tokoh Intelektual Muslim Aljazair

Malek Bennabi atau Malik Bin Nabi atau Malik bin Nebi (bahasa Arab: ???? ?? ???) adalah seorang pemikir terkemuka Aljazair (1905 - 1973). Dia menulis masyarakat tentang manusia, khususnya masyarakat Muslim dengan fokus pada alasan di balik jatuhnya masyarakat muslim. Jatuhnya dinasti Muwahidun yang memerintah Afrika Utara termasuk Spanyol 1130-1269 ditandai kecenderungan yang menghancurkan merusak ide-ide baru. Kurangnya ide-ide baru secara bersamaan ditolak kematian peradaban baru. Menurut Malik Bennabi, dengan ini muncul apa yang diciptakan - kebangkrutan peradaban.



Malik Bennabi lahir di Constantine. Sangat dihormati sebagai ulama yang paling terkemuka dan pemikir, Pos Perang Dunia II Aljazair dan salah satu intelektual terkemuka dunia Islam modern. Pendidikan di Paris dan Algiers di Teknik, dia kemudian berdasarkan dirinya di Kairo, di mana ia menghabiskan banyak waktu bekerja keras melalui bidang Sejarah, Filsafat dan Sosiologi.



Pada tahun 1963, setelah kembali ke Aljazair, ia menyaksikan ilmu pengetahuan modern dan teknologi peradaban sebelum dia membuka mata. Hal ini telah mendorong dia untuk merenungkan pertanyaan tentang budaya di awal abad kesembilan belas. Pendekatannya sederhana, tidak menirukan apa yang telah ditemukan sebelum waktunya, melainkan, mencari apa yang merupakan inti dari budaya dan kelahiran peradaban.



Dari salah satu karyanya, "Les Kondisi de la Renaissance" (1948), ia mendefinisikan budaya sebagai cara berada dan menjadi sebuah bangsa. Ini mencakup estetika, etika, pragmatis, dan nilai-nilai teknis. Bila isi telah didefinisikan secara jelas, hanya kemudian bisa berbagai formulasi ide dilahirkan. Kelahiran ide-ide baru sama dengan sebuah masyarakat yang dinamis yang mengarah ke gerakan semangat dari peradaban baru.



Dalam buku lain, "Pertanyaan Kebudayaan" (1954), katanya, organisasi masyarakat, kehidupan dan gerakan, memang, kemerosotan dan stagnasi, semua memiliki hubungan fungsional dengan sistem ide yang ditemukan dalam masyarakat itu. Jika sistem yang berubah dalam satu atau lain cara, semua karakteristik sosial lainnya akan mengikuti dan beradaptasi ke arah yang sama. Gagasan, secara keseluruhan, merupakan bagian penting dari sarana pembangunan di suatu masyarakat tertentu.



Berbagai tahap pembangunan di masyarakat seperti itu memang bentuk yang berbeda dari perkembangan intelektualnya. Jika salah satu tahap sesuai dengan apa yang disebut "kebangkitan", itu berarti bahwa masyarakat pada tahap yang indah menikmati sistem ide, sebuah sistem yang dapat memberikan solusi yang tepat untuk setiap masalah yang penting dalam masyarakat tertentu. Dia menambahkan bahwa ide-ide mempengaruhi kehidupan masyarakat yang diberikan dalam dua cara yang berbeda, baik mereka adalah faktor pertumbuhan kehidupan sosial, atau sebaliknya, peran faktor penularan, sehingga pertumbuhan sosial rendering agak sulit atau bahkan tidak mungkin.



Malik Bennabi mengatakan bahwa pada abad kesembilan belas, hubungan antara negara-negara tersebut didasarkan pada kekuasaan untuk posisi suatu bangsa tergantung pada jumlah pabriknya, meriam, armada dan cadangan emas. Namun, abad kedua puluh memperkenalkan perkembangan baru di mana ide-ide yang dijunjung tinggi sebagai nilai nasional dan internasional. Perkembangan ini belum sangat terasa di negara-negara terbelakang banyak, karena rasa rendah diri mereka telah menciptakan sebuah obsesi bengkok dengan kriteria kekuasaan yang didasarkan pada objek.



Muslim yang tinggal di sebuah negara terbelakang tidak akan ragu merasa bahwa mereka lebih rendah daripada orang yang tinggal di negara maju. Mereka secara bertahap akan menyadari bahwa apa yang memisahkan orang-orang bukan geografis jarak, namun jarak alam lain. Sebagai akibat dari rendah diri ini, Muslim menganggap jarak ini untuk bidang obyek. Mereka melihat situasi mereka sebagai kejijikan yang disebabkan oleh kurangnya senjata, pesawat terbang dan bank.



Dengan demikian, kompleks rendah diri mereka akan kehilangan keampuhan sosial, yang mengarah ke pesimisme hanya pada tingkat psikologis. Pada tingkat sosial, hal itu akan menyebabkan apa yang kita miliki di tempat lain disebut takdis (penumpukan-up). Untuk mengubah perasaan ini menjadi kekuatan-penggerak yang efektif, umat Islam harus menganggap keterbelakangan mereka ke tingkat ide, bukan untuk yang dari "objek", untuk pembangunan dunia baru yang semakin tergantung pada kriteria ideasional dan intelektual.



Di negara-negara terbelakang, yang masih dalam lingkup pengaruh negara adidaya, lengan dan pendapatan minyak tidak lagi cukup untuk mendukung pengaruh itu. Ide sendiri dapat melakukan pekerjaan. Dunia telah, Oleh karena itu, memasuki tahap di mana sebagian besar masalah yang dapat diselesaikan hanya dengan beberapa sistem ide. Oleh karena itu, orang-orang Arab dan negara Muslim lainnya, terutama yang tidak memiliki banyak kekuatan material, harus memberikan bobot yang lebih dengan masalah ide.



Malik Bennabi kemudian mengkritik masyarakat Muslim saat ini untuk sering jatuh menjadi negara minta maaf, di mana anggotanya terus mengomel pada peradaban yang pernah dibangun oleh nenek moyang mereka. Muslim cenderung lingkaran di sekitar proses arkeologi kuno, menggali harta karun masa lalu bukan menjembatani kemajuan dengan yang baru.



Muslim saat ini dalam keadaan berantakan. negara-negara Muslim dan sebagian besar masyarakat imperialized oleh Barat. Ini benar-benar bukan kegagalan Islam, tetapi karena umat Islam dan orang-orang di pemerintahan meninggalkan pemahaman yang benar tentang apa yang berarti nilai-nilai Islam. Dalam hal ini, Malik Bennabi lagi menunjukkan, setelah penghinaan Mesir dalam perang Enam Hari pada Juni 1967, itu adalah (global umat Muslim komunitas) pemahaman dan pandangan dunia, sahamnya ide daripada senjata dan amunisi itu, yang perlu diperpanjang.



Jelas koreksi perlu diperbaiki. Meskipun melihat kembali apa yang telah dicapai di Era Keemasan Islam masih relevan, apa yang lebih penting adalah untuk dapat menghargai nilai-nilai politik dan budaya model dan sistem dilaksanakan oleh nabi-nabi masa lalu, kembali menafsirkan dan menerapkan kami masyarakat kontemporer. Memperkaya masyarakat adalah bagian dari dinamika dalam Islam. Colonisation pikiran telah didorong Muslim terhadap keadaan pembusukan moral dan psikologis. Sekali lagi dalam bukunya, "Islam dalam Sejarah dan Masyarakat" (1954), hasil kelumpuhan moral dalam kelumpuhan intelektual.

Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.