Penemu Detektor Penangkap Elektron

James Lovelock Efraim yang dilahirkan di Letchworth Garden City di Hertfordshire, Inggris, pada tanggal 26 Juli 1919 adalah seorang ilmuwan independen, lingkungan dan futurolog yang tinggal di Devon, Inggris. Ia dikenal pengajuan hipotesis Gaia, yang mendalilkan bahwa biosfer adalah suatu entitas yang mengatur diri sendiri dengan kemampuan untuk menjaga bumi kita tetap sehat dengan mengendalikan kimia dan lingkungan fisik.



James Lovelock pindah ke London dan menjadi seorang murid sekolah bahagia di Strand. Ia belajar kimia di University of Manchester, sebelum mengambil suatu Medical Research Council posting di Institute for Medical Research di London. Status pelajarnya memungkinkan penundaan sementara militer selama Perang Dunia II, tapi ia terdaftar sebagai penentang. Ia kemudian meninggalkan posisi ini debgan sadar akan kekejaman Nazi dan mencoba mendaftarkan diri untuk layanan perang, tetapi diberitahu bahwa penelitian medis terlalu berharga untuk dipertimbangkan.



Pada tahun 1948 Lovelock menerima Ph.D. gelar dalam kedokteran di London School of Hygiene dan Ilmu Kedokteran Tropis. Dalam Amerika Serikat ia telah melakukan penelitian di Yale, Baylor College of Medicine, dan Harvard University. Sebagai seorang penemu seumur hidup, Lovelock telah menciptakan dan mengembangkan banyak instrumen ilmiah, beberapa yang dirancang untuk NASA dalam program eksplorasi planet. Itu adalah saat bekerja sebagai konsultan untuk NASA yang mengembangkan Hipotesis Gaia, yang membuat dia paling banyak dikenal.



Pada tahun 1961 awal, Lovelock bertunangan dengan NASA untuk mengembangkan instrumen sensitif untuk analisis atmosfer dan permukaan planet luar bumi. Program Viking, yang mengunjungi Mars pada akhir tahun 1970, sebagian didorong untuk menentukan apakah Mars mendukung kehidupan, dan banyak sensor dan eksperimen yang dikerahkan akhirnya bertujuan untuk mengatasi masalah ini. Selama bekerja pada prekursor dari program ini, Lovelock menjadi tertarik pada komposisi atmosfer Mars, alasan bahwa banyak bentuk-bentuk kehidupan di Mars akan diwajibkan untuk memanfaatkannya (dan, dengan demikian, mengubahnya).



Namun, suasana itu ditemukan dalam kondisi stabil dekat dengan kesetimbangan kimia, dengan oksigen yang sangat sedikit, metana, atau hidrogen, tetapi dengan kelimpahan besar karbon dioksida. Untuk Lovelock, perbedaan yang nyata antara atmosfer Mars dan campuran kimia-dinamis yang dari biosfer Bumi kita adalah sangat menunjukkan tidak adanya kehidupan di planet ini. Namun, ketika mereka akhirnya diluncurkan ke Mars, Viking probe masih dicari (tidak berhasil) untuk hidup masih ada di sana.



Lovelock terpilih sebagai Fellow Royal Society (FRS) 1974. Dia dianugerahi penghargaan prestisius termasuk Medali Tswett (1975), penghargaan kromatografi ACS (1980). Ia menjabat presiden Biologi Laut Association (MBA) 1986-1990. WMO Gerbier Hadiah Norbert (1988), AH Dr Heineken Prize untuk Lingkungan (1990). Menjadi CBE 1990 dan Honorary Visiting Fellow dari Green Templeton College, Oxford sejak 1994. Mendapat Volvo Lingkungan Prize 1996 dan Penghargaaan RGS Discovery Lifetime (2001) juga Companion of Honour 2003. Pada 2006 menerima Medali Wollaston, tertinggi Geologi Society's Award. Ketua Arne Næss di Global Justice dan Lingkungan Hidup 2007.



Lovelock menemukan detektor penangkap elektron, yang pada akhirnya membantu penemuan tentang CFC dalam penipisan ozon stratosfir. Setelah mempelajari operasi dari siklus sulfur bumi, Lovelock dan rekannya mengembangkan hipotesis cakar sebagai contoh kontrol biologis iklim bumi. Setelah pengembangan penangkapan detektor elektron di akhir 1960-an. Lovelock adalah orang pertama yang mendeteksi keberadaan luas CFC di atmosfer. Ia menemukan konsentrasi 60 bagian per triliun CFC-11 di Irlandia dan, dalam yang sebagian dibiayai diri ekspedisi penelitian pada tahun 1972, melanjutkan untuk mengukur konsentrasi CFC-11 dari belahan bumi utara ke Antartika naik kapal penelitian RRS Shackleton.



Dia menemukan gas di setiap 50 sampel udara yang ia kumpulkan tapi tidak menyadari bahwa rincian CFC di stratosfer akan melepaskan klorin yang merupakan ancaman ke lapisan ozon. Dia telah menyatakan bahwa itu berarti "tidak ada bahaya yang mungkin beracun". Kerusakan terjadi pada lapisan ozon oleh CFC fotolisa kemudian ditemukan oleh Frank Rowland dan Mario Molina. Setelah mendengar kuliah pada subyek hasil Lovelock's, mereka memulai penelitian yang menghasilkan makalah yang diterbitkan pertama yang menyatakan adanya hubungan antara CFC stratosfer dan penipisan ozon pada tahun 1974, dan kemudian berbagi Hadiah Nobel Kimia untuk kerja mereka tahun 1995.



Hipotesis Gaia dirumuskan Lovelock tahun 1960-an sebagai hasil kerja untuk NASA dengan mendeteksi kehidupan di Mars. Hipotesis Gaia menyatakan bahwa hidup dan bagian non-hidup bumi membentuk sistem interaksi yang kompleks yang dapat dianggap sebagai organisme tunggal. Dinamai Dewi Yunani (Gaia) atas saran novelis William Golding. Hipotesis dalil biosfer yang memiliki efek regulasi terhadap lingkungan bumi yang bertindak mempertahankan hidup. Hipotesis Gaia belum diterima secara luas dalam komunitas ilmiah. Kritik dari ahli biologi evolusioner Richard Dawkins, Ford Doolittle dan Stephen Jay Gould. Kritikus mempertanyakan bagaimana operasi seleksi alam pada organisme individu dapat menyebabkan evolusi planet-skala homeostasis. Lovelock telah menanggapinya dengan model seperti Daisyworld yang menggambarkan bagaimana pengaruh tingkat individu dapat menerjemahkan untuk homeostasis planet.


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.