Fisikawan Elektrodinamika Kuantum

Richard Phillips Feynman lahir pada 11 Mei 1918, di Far Rockaway, Queens, New York. Keluarganya berasal dari Rusia dan Polandia; kedua orangtuanya adalah Yahudi, tetapi mereka tidak taat. Feynman (yang sama dengan fisika terkenal Edward Teller dan Albert Einstein) adalah seorang pembicara terlambat; pada ulang tahun ketiga ia belum pernah mengucapkan sepatah kata pun. Feynman muda ini sangat dipengaruhi oleh ayahnya, Melville, yang mendorongnya untuk mengajukan pertanyaan untuk menantang pemikiran ortodoks. Dari ibunya, Lucille, ia memperoleh rasa humor sepanjang hidupnya. Sebagai seorang anak, ia senang dalam memperbaiki radio dan punya bakat untuk engineering. Joan adiknya juga menjadi fisikawan profesional.



Richard Phillips Feynman adalah salah seorang Fisikawan Amerika yang paling berpengaruh pada abad kedua puluh, dengan banyak teori elektrodinamika Memperluas Kuantum adn karyanya dalam perumusan integral lintasan mekanika kuantum, teori kuantum elektrodinamika dan fisika dari superfluiditas dari superdingin helium cair, maupun dalam partikel fisika (ia mengusulkan model Parton). Selain Penceramah yang inspirasional dan musikus amatir, ia membantu pengembangan bom atom dan belakangan menjadi anggota panel yang menyelidiki tragedi Pesawat Ulang-Alik Challenger. Selama hidupnya, Feynman menjadi salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia.



Selain karyanya dalam fisika teori, Feynman telah dikreditkan dengan merintis bidang komputasi kuantum dan memperkenalkan konsep nanoteknologi (penciptaan perangkat pada tingkat molekul). Dia memegang jabatan guru besar Richard Chace Tolman dalam teori fisika di California Institute of Technology. Untuk karyanya dalam bidang elektrodinamika Kuantum, Feynman menjadi salah satu penerima Hadiah Nobel Fisika 1965, bersama Julian Seymour Schwinger dan Sin-Itiro Tomonaga. Ia mengembangkan banyak menggunakan representasi piktorial skema untuk ekspresi matematika yang mengatur perilaku partikel-partikel subatomik, yang kemudian dikenal sebagai diagram Feynman.



Ia belajar di Massachusetts Institute of Technology, di mana ia memperoleh gelar Sarjana pada tahun 1939 dan di Princeton University di mana ia memperoleh gelar Ph.D. pada tahun 1942. Dia di Princeton Research Assistant (1940-1941), Profesor Fisika Teoretis di Cornell University (1945-1950), Mengunjungi Profesor dan kemudian diangkat menjadi Profesor Fisika Teoretis di California Institute of Technology (1950-1959). Saat ini ia adalah Richard Chace Tolman Profesor Fisika Teoretis di California Institute of Technology.



Profesor Feynman adalah anggota American Physical Society, Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan; National Academy of Science; pada tahun 1965 ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Society, London (Great Britain). Ia memegang penghargaan berikut: Albert Einstein Award (1954, Princeton); Einstein Award (Anugerah Albert Einstein College of Medicine); Lawrence Award (1962). Richard Feynman menikah dengan Gweneth Howarth, mereka memiliki seorang putra, Carl Richard (lahir 22 April 1961), dan seorang putri Michelle Catherine (lahir 13 Agustus 1968).



Feynman adalah fisika popularizer tajam baik melalui buku-buku dan kuliah, khususnya yang berbicara di 1959 top-down nanoteknologi disebut Ada Banyak Ruang di Bawah dan The Feynman Lectures on Physics. Feynman juga dikenal karena petualangannya, yang dikisahkan melalui buku-buku semi-autobiografi Tentunya Kau Bercanda, Mr Feynman! (edisi Indonesia: Cerdas Jenaka Nobelis Fisika) dan What Do You Care What Other People Think?) Dan buku-buku yang ditulis tentang dirinya, seperti Tuva atau Bust!



Feynman juga memiliki minat yang mendalam dalam biologi, dan teman dari genetika dan mikrobiologi Esther Lederberg, yang mengembangkan replica plating dan menemukan bakteriofag lambda. Mereka mempunyai beberapa fisikawan bersama teman-teman yang, setelah awal karir mereka dalam riset nuklir, pindah alasan moral genetika, di antara mereka Leó Szilárd, Guido Pontecorvo dan Aaron Novick. Dia dianggap sebagai eksentrik dan jiwa bebas. Dia seorang prankster, pemain sulap, safecracker, bangga pelukis amatir, dan pemain bongo. Dia suka mengejar berbagai kepentingan yang tampaknya tidak terkait, seperti seni, perkusi, Maya hieroglif, dan mengunci memetik. Richard P. Feynman meninggal pada 15 Februari 1988.


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.