Sejarah Penemuan Telepon Seluler

1910

CikaL bakaL Telepon Seluler oleh Lars Magnus Ericsson dari Swedia



1921

Departement Kepolisian Detroit Michigan pertama kali menggunakan mobile telepon.
Terpasang pada semua mobil polisi dengan menggunakan frekuensi 2 Mhz.



26 Desember 1928

Tanggal tersebut adalah kelahiran Dr. Martin Cooper di Chicago. Seorang pria yang sangat menekuni dunia telekomunikasi sejak muda. Ia seorang pekerja keras namun sederhana, jauh dari bayangan kaum elite dan miliarder Amerika. Media komunikasi saat itu masih sangat terbatas, hanya bisa dilakukan di rumah, di kantor atau telefon mobil.



1947

Bell Laboratories dari riset AT & T memperkenalkan ide cellular communications dan direalisasikan oleh Dr. Martin Cooper.



1960

Perusahaan Fennis Cable Works di Finlandia mendirikan Perusahaan Elektronik Nokia.



1969

Sistem telekomunikasi seluler mulai dikomersilkan.



1970

Perkembangan mobile telephone yang di dominasi Nokia, Ericsson dan Motorola.



1973

Dr. Martin Cooper dan Motorola memperkenalkan telepon genggam dan memasang base station di New York dengan masih menggunakan jaring analog. Ia dan beberapa desainer lainnya berhasil membuat perpaduan telefon dalam genggaman, termasuk kreasi untuk menciptakan komponen terkecil sehingga dapat diaplikasikan dalam handset tersebut.



3 April 1973

Penemu Ponsel Pertama untuk Motorola di Publikasikan. Ciptaannya kemudian diuji coba dengan mempertunjukkan cara berkomunikasi aneh dari terminal telefon portabel. Penemuan ini sekaligus diklaim dan dipublikasikan sebagai penemuan ponsel pertama. Hasil karya itulah kemudian menjadi revolusi yang mengubah cara berkomunikasi miliaran orang di dunia saat ini.



Dr. Martin Cooper mencoba ponsel pertamanya sambil berjalan-jalan di berbagai lokasi di New York. Saat pertama kali ponsel ditampilkan di depan umum, banyak orang menganggap tingkah Dr. Cooper yang berbicara sendiri adalah hal yang aneh, bahkan ada yang mengira dia gila. Padahal saat itu ia sedang berbicara dengan rivalnya melalui ponsel.



Saat itu Dr. Cooper menggunakan ponsel seberat kurang lebih 800 gram atau sepuluh kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata ponsel yang beredar saat ini. Ponsel ini hanya bisa digunakan selama dua puluh menit sebelum baterainya kehabisan energi. Namun percobaan tersebut sukses dan menjadi awal adanya alat komunikasi yang tidak dibatasi dengan tempat.



1983

Sepuluh tahun kemudian sejak publikasi penemuan Ponsel tepatnya pada April 1983, Motorola memperkenalkan Dyna FAC 8000X yang mendapat izin dari FCC dan bisa digunakan untuk tujuan komersial. Beratnya 16 ounces atau sekitar 1/5 kg, dan harganya 3.500 dolar AS.





***

Dr. Martin Cooper :

- General Manager pada Devisi Communication Systems Motorola.

- Bergelut selama 29 tahun di Motorola.

- Mendirikan ArrayComm Inc, Perusahaan bidang Tecnologi Antena Pintar 1992.

- Mendapatkan 8 anugrah patent bidang Komunikasi.



"Seandainya aku bisa melakukan panggilan di manapun dan kapanpun, mungkin semua orang di bumi bisa berkomunikasi dengan mudah"
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.