Immanuel Kant lahir di K�nigsberg, 22 April 1724 dan meninggal di kota yang sama tanggal 12 Februari 1804. Dia adalah seorang filsuf Jerman yang telah menulis karya yang terpenting yaitu Kritik der Reinen Vernunft, 1781. Dalam bukunya ini ia �membatasi pengetahuan manusia�. Atau dengan kata lain �apa yang bisa diketahui manusia.� Ia menyatakan ini dengan memberikan tiga pertanyaan : Apakah yang bisa kuketahui? Apakah yang harus kulakukan? Apakah yang bisa kuharapkan? Pertanyaan ini dijawab sebagai berikut :
Apa-apa yang bisa diketahui manusia hanyalah yang dipersepsi dengan panca indria. Lain daripada itu merupakan �ilusi� saja, hanyalah ide. Semua yang harus dilakukan manusia harus bisa diangkat menjadi sebuah peraturan umum. Hal ini disebut dengan istilah �imperatif kategoris�. Contoh: orang sebaiknya jangan mencuri, sebab apabila hal ini diangkat menjadi peraturan umum, maka apabila semua orang mencuri, masyarakat tidak akan jalan. Yang bisa diharapkan manusia ditentukan oleh akal budinya. Inilah yang memutuskan pengharapan manusia. Ketiga pertanyaan di atas ini bisa digabung dan ditambahkan menjadi pertanyaan keempat: �Apakah itu manusia?�
Daftar karyanya
� 1755: Allgemeine Naturgeschichte und Theorie des Himmels
� 1755: meditationum quaerandam de igne saccincta delinetatio
� 1755: Neue Erhellung der ersten Grunds�tze metaphysischer Erkenntnisse
� 1756: Physische Monadologie
� 1756: Neue Anmerkungen zur Erl�uterung der Theorie der Winde
� 1762: Die falsche Spitzfindigkeit der vier syllogistischen Figuren
� 1763: Versuch, den Begriff der negativen Gr��en in der Weltweisheit einzuf�hren
� 1763: Untersuchung �ber die Deutlichkeit der Grunds�tze der nat�rlichen Theologie und Moral
� 1763: Der einzige m�gliche Beweisgrund zu einer Demonstration f�r das Dasein Gottes
� 1764: Beobachtungen �ber das Gef�hl des Sch�nen und Erhabenen
� 1764: �ber die Krankheit des Kopfes
� 1766: Tr�ume eines Geistersehers erl�utert durch Tr�ume der Metaphysik. (�ber Emanuel Swedenborg)
� 1770: �ber die Form und die Prinzipien der sinnlichen und intelligiblen Welt. (De mundi sensibilis atque intelligibillis forma et principiis.)
� 1775: �ber die verschiedenen Rassen der Menschen
� 1781: Auflage der Kritik der reinen Vernunft
� 1783: Prolegomena zu einer jeden k�nftigen Metaphysik, die als Wissenschaft wird auftreten k�nnen
� 1784: Idee zu einer allgemeinen Geschichte in weltb�rgerlicher Absicht
� 1784: Beantwortung der Frage: Was ist Aufkl�rung
� 1785: Grundlegung der Metaphysik der Sitten
� 1786: Metaphysische Anfangsgr�nde der Naturwissenschaft
� 1786: Mutma�licher Anfang der Menschengeschichte
� 1787: Kritik der reinen Vernunft 2., stark erweiterte Auflage
� 1788: Kritik der praktischen Vernunft
� 1790: Kritik der Urteilskraft
� 1793: Die Religion innerhalb der Grenzen der blo�en Vernunft
� 1793: �ber den Gemeinspruch: Das mag in der Theorie richtig sein, taugt aber nicht f�r die Praxis
� 1794: Das Ende aller Dinge
� 1795: Zum ewigen Frieden
� 1797: Die Metaphysik der Sitten
� 1798: Der Streit der Fakult�ten
� 1798: Anthropologie in pragmatischer Hinsicht abgefasst
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