Pavel Osipovich Sukhoi (bahasa Rusia: Павел Осипович Сухой; Belarusia: Павел Восіпавіч Сухі) (22 Juli 1895, Hlybokaye - 15 September 1975) adalah seorang insinyur kedirgantaraan Soviet. Dia merancang pesawat militer Sukhoi dan mendirikan Biro Desain Sukhoi. Sukhoi lahir di Hlybokaye dekat Vitebsk, sebuah kota kecil di Belarus dalam apa yang kemudian Vilna Provinsi Kekaisaran Rusia. Ia pergi ke sekolah 1905-1914 di Lapangan Tenis Gomel (sekarang Universitas Negeri Belarusia Transportasi).
Pada tahun 1915 ia pergi ke Moskow Sekolah Imperial Teknis (sekarang dikenal sebagai BMSTU). Setelah Perang Dunia I pecah, ia dirancang oleh Kekaisaran Rusia Angkatan Darat; pada tahun 1920 ia ditarik karena masalah kesehatan terkait dan ia kembali ke BMSTU, lulus pada 1925. Pada tahun 1925 ia menulis tesisnya bernama Chasseur Single-pesawat bermesin dari 300 cv di bawah arahan Andrei Tupolev. Pada Maret 1925 ia mulai bekerja sebagai seorang insinyur/desainer dengan TsAGI (Tengah Aerohydrodynamic Institute) dan Moskow Nomor Pabrik 156.
Selama tahun-tahun berikutnya, Sukhoi dirancang dan dibangun pesawat termasuk rekor Tupolev ANT-25 dan TB-1 dan TB-3 pembom berat. Pada tahun 1932 ia ditugaskan kepala teknik dan departemen desain di TsAGI dan pada tahun 1938 ia dipromosikan menjadi kepala departemen desain. Ia juga mengembangkan pesawat multi-tujuan cahaya, Su-2, yang melihat pelayanan di tahun-tahun awal Perang Patriotik Besar.
Pada September 1939 Sukhoi mendirikan sebuah teknik independen dan departemen desain bernama Biro Desain Sukhoi (Sukhoi OKB). Terletak di Kharkov, Sukhoi tidak puas dengan lokasi geografis OKB itu. OKB ini terisolasi dari kutub ilmiah Moskow dan bersikeras bahwa OKB akan pindah ke aerodome dari Podmoskovye. Relokasi ini selesai pada paruh pertama 1940.
Pada musim dingin tahun 1942 Sukhoi mengalami masalah yang lain - karena ia tidak punya jalur produksi sendiri dia tidak ada hubungannya. Dia telah mengembangkan pesawat tanah-serangan baru, Su-6, tetapi Stalin memutuskan bahwa pesawat ini tidak harus diambil dalam produksi, dalam mendukung mempertahankan produksi Ilyushin Il-2.
Pada tahun-tahun sesudah perang, Sukhoi merupakan salah satu desainer pesawat pertama Soviet yang memimpin bekerja pada pesawat jet, menciptakan beberapa jet tempur eksperimental. Dari 1949, ia jatuh dari nikmat Stalin dan dipaksa untuk kembali bekerja di bawah Tupolev, kali ini sebagai Designer Wakil Kepala. Pada tahun 1953, tahun kematian Stalin, ia diijinkan untuk membangun kembali Biro Desain Sukhoi sendiri.
Selama Perang Dingin, pesawat tempur besar seri nya termasuk supersonik Su-7 yang menjadi utama tempur pembom-Soviet tahun 1960-an, dan pencegat Su-9 dan Su-15, yang menjadi tulang punggung PVO tersebut. Dia juga memelopori variabel-menyapu pesawat, seperti Su-17 dan Su-24. Dia juga membuat sejumlah proyek yang tidak maju, termasuk pesawat Mach-3-mampu ambisius T-3 Sukhoi serangan. Pesawat tempur Sukhoi dirancang terakhir adalah T-10 (Su-27) namun ia tidak hidup untuk melihatnya terbang.
Pada 1958-1974 Sukhoi menjabat sebagai wakil Soviet Tertinggi Uni Soviet. Dia meninggal pada tahun 1975 di Moskow dan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy.
Penghargaan dan kehormatan :
Hero of Socialist Labor (1957), awarded a second "Hammer and Sickle gold medal (1965)
Lenin Prize (1968)
Stalin Prize, first class (1943) - for the creation of the Su-6
USSR State Prize (1975 - posthumous)
Three Orders of Lenin (1945, 1957, 1975)
Order of the October Revolution
Order of the Badge of Honour (1936)
Order of the Red Banner of Labour (1938)
Order of the Red Star (1933)
Tupolev Gold Medal - For outstanding work in the field of aeronautical science and engineering (1975).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment