Logo Google untuk Gideon Sundback

Gideon SundbackGideon Sundbäck (24 April 1880 - 21 Juni 1954) adalah seorang penemu dan seorang insinyur listrik Swedia-Amerika Serikat. Ia membuat beberapa kemajuan pada ritsleting antara tahun 1906-1914, selama bekerja pada perusahaan yang akan berkembang menjadi Talon, Inc. Ia mengandalkan karya insinyur sebelumnya seperti Elias Howe, Max Wolff, dan Whitcomb Judson (ayah mertua Sundbäck). Gideon Sundbäck juga menemukan mesin produksi untuk ritsleting. Ritsleting menggantikan tombol tahun 1937 untuk penggunaan "fly" di celana panjang.



Otto Fredrik Gideon Sundback lahir di peternakan Sonarp di Ödestugu Parish, di Jönköping County, Småland, Swedia. Dia adalah anak dari Jonas Otto Magnusson Sundback, seorang petani makmur, dan istrinya Kristina Karolina Klasdotter. Setelah studi di Swedia, Sundback pindah ke Jerman, dimana ia belajar di sekolah politeknik di Bingen am Rhein. Pada tahun 1903, Sundback mengambil ujian insinyurnya. Pada tahun 1905, ia beremigrasi ke Amerika Serikat



Sundbäck kadang-kadang dikatakan sebagai orang Kanada, sebab perusahaan pertamanya Lightning Fastener Company, produsen ritsleting awal, bermarkas di St. Catharines, Ontario. Meski sering mengunjungi pabrik St. Catharines sebagai presiden perusahaan itu, nyatanya ia tidak pernah menjadi warga tetap apalagi warganegara Kanada.



Pada tahun 1905, Gideon Sundback mulai bekerja di Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania. Pada tahun 1906, Sundback dipekerjakan untuk bekerja untuk Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey. Pada tahun 1909, Sundback menikah Elvira Aronson, yang adalah putri dari manajer pabrik Swedia lahir, Petrus Aronsson. Selanjutnya Sundback dipromosikan ke posisi kepala desainer di Universal Fastener.



Sundback membuat beberapa kemajuan dalam pengembangan ritsleting antara 1906 dan 1914, ketika bekerja untuk perusahaan yang kemudian berkembang menjadi Talon, Inc Ia dibangun di atas pekerjaan sebelumnya insinyur lainnya seperti Elias Howe, Max Wolff, dan Whitcomb Judson. Dia bertanggung jawab untuk meningkatkan "Judson C-curity Fastener". Saat itu produk perusahaan masih berdasarkan kait dan mata. Sundback mengembangkan versi perbaikan dari curity C-, yang disebut "Plako", tapi juga memiliki kecenderungan kuat untuk menarik terpisah, dan tidak lebih berhasil daripada versi sebelumnya. Sundback akhirnya memecahkan masalah menarik-selain pada tahun 1913, dengan penemuan dari versi pertama tidak didasarkan pada prinsip hook-dan-mata, "Fastener No Hookless 1". Ia meningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci sampai sepuluh atau sebelas. Penemuan-Nya memiliki dua baris menghadapi gigi yang ditarik ke dalam satu bagian dengan slider, dan meningkatkan pembuka untuk gigi dipandu oleh slider.



Pada tahun 1914 Sundback mengembangkan sebuah versi berdasarkan saling gigi, yang "No Hookless 2", yang merupakan logam ritsleting modern dalam semua penting nya. Dalam pengikat gigi ini setiap meninju memiliki lesung pipi di bagian bawah dan proyeksi pena atau kerucut di atasnya. Ujung atas satu gigi bergerak dalam lesung yang cocok di bawah gigi yang mengikutinya di sisi lain sebagai dua strip dari gigi dibawa bersama-sama melalui dua saluran Y dari slider. Gigi yang berkerut erat tali kain kuat bahwa adalah tepi tepi tenunan yg dianyam dari pita kain yang melekat ritsleting untuk baju itu, dengan gigi di satu sisi diimbangi dengan setengah tinggi gigi dari mereka dalam rekaman lain pihak. Mereka diadakan begitu erat pada kabel dan tape yang dulu menyatu ada tidak cukup bermain untuk membiarkan mereka memisahkan. Gigi tidak dapat bangkit dari pena di bawah ini cukup untuk membebaskan diri, dan pena-nya di atas tidak dapat keluar dari lesung pipit di gigi atasnya. Amerika Serikat paten no. 1219881 untuk "Fastener Separable" dikeluarkan pada tahun 1917.



Nama Ritsleting diciptakan pada tahun 1923 oleh BF Goodrich, yang menggunakan perangkat pada sepatu baru mereka. Awalnya, sepatu dan kantong tembakau penggunaan utama untuk ritsleting, itu mengambil dua puluh tahun sebelum mereka tertangkap di industri fashion. Tentang waktu Perang Dunia II ritsleting mencapai penerimaan luas untuk lalat celana panjang dan plackets rok dan gaun.



Sundback juga menciptakan mesin produksi untuk ritsleting baru. Petir Fastener Company, salah satu produsen ritsleting awal, bermarkas di St, Ontario. Meskipun Sundback sering mengunjungi pabrik Kanada sebagai presiden perusahaan, ia tinggal di Meadville, Pennsylvania dan tetap menjadi warga negara Amerika. Sundback dianugerahi Medali Emas dari Royal Swedish Academy of Engineering Sciences di 1951. Sundback meninggal karena kondisi jantung pada tahun 1954 dan dikebumikan di pemakaman Greendale di Meadville, Pennsylvania. Pada tahun 2006, Gideon Sundback dihormati oleh inklusi di Penemu Nasional Hall of Fame untuk karyanya pada pengembangan ritsleting.



Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.