Douglas Engelbart Penemu mouse

Douglas Engelbart lahir di Portland, Oregon, USA pada 30 Januari 1925. Orangtuanya bernama Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbar. Beliau adalah seorang keturunan Jerman, Swedia dan Norwegia. Beliau adalah seorang penemu dan pelopor computer dari Amerika. Beliau terkenal dengan penemuannya yang digunakan oleh masyarakat dunia hingga sekarang, yakni mouse. Douglas Engelbart mempunyai kakak perempuan (Dorianne) dan adik laki-laki (David). Dr. Engelbart memiliki empat anak, Gerda, Diana, Christina dan Norman dengan mendiang istrinya, Ballard yang meninggal pada tahun 1997. Dia memiliki sembilan cucu dari anak-anaknya.

Beliau lulus dari Portland’s Franklin High School di tahun 1942. Ketika sedang belajar di Oregon State University , beliau direkrut masuk Angkatan Laut dan menjadi teknisi radar pada perang di Filipina. Dia kembali ke Oregon State University dan menyelesaikan gelar sarjana nya pada jurusan Teknik Elektro di tahun 1948, gelar master dari UC Berkeley 1952, dan gelar doctor dari UC Berkeley pada tahun 1955. Ketika di Oregon State University, dia adalah anggota dari persaudaraan sosial bernama Sigma Phi Epsilon.

Sebagai lulusan dari Berkeley, dia membantu dalam konstruksi proyek bernama California Digital Computer. Setelah menyelesaikan gelar doctor nya dia tinggal di Berkeley untuk mengajar selama setahun, Kemudian, ia membentuk permulaan, Digital Techniques, untuk mengkomersialisasikan beberapa riset doctor nya dalam alat penyimpanan.

Beberapa tahun sebelumnya, Engelbart telah membaca Vannevar Bush “As We May Think”, sebuah panggilan untuk membuat pengetahuan secara luas tersedia sebagai tantangan besar untuk kedamaian. Dari pengalamannya sebagai teknisi radar, dia tahu bahwa informasi dapat dianalisa dan ditampilkan pada layar. Memanfaatkan kecerdasan kolektif dengan difasilitasi oleh komputer yang interaktif menjadi misi hidupnya, pada saat komputer dipandang sebagai alat hitung. Dia pergi ke UC Berkeley untuk mengetahui segala tentang komputer dan mendapat gelar PhD. Setelah setahun mengajar di Berkeley sebagai Pejabat Asisten Profesor, ia mengambil posisi di Stanford Research Institute (SRI) di Menlo Park.

Di SRI Engelbart secara bertahap membuktikan dirinya dengan lebih dari selusin paten atas namanya dan dalam beberapa tahun ini didanai untuk menghasilkan laporan tentang visi dan agenda penelitian yang diusulkan berjudul Augmenting Human Intellect: A Conceptual Framework. Sehingga, beliau mendapatkan dana dari ARPA untuk memulai pekerjaannya. Engelbart direkrut sebuah tim penelitian di baru nya Augmentation Research Center (ARC, ia mendirikan laboratorium di SRI), dan menjadi kekuatan pendorong di belakang desain dan pengembangan Sistem On-Line, atau NLS. Dia dan timnya mengembangkan elemen-interface komputer seperti layar bit-dipetakan, mouse, hypertext, alat kolaboratif, dan prekursor pada antarmuka pengguna grafis. Dia menciptakan dan mengembangkan banyak ide-ide interface pengguna kembali di pertengahan 1960-an, jauh sebelum revolusi komputer pribadi, pada saat kebanyakan orang dijauhkan dari komputer, dan hanya bisa menggunakan komputer melalui perantara dan ketika perangkat lunak cenderung ditulis untuk aplikasi vertikal dalam sistem hak milik

mouse pertama di dunia

Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.