Biografi Robert Hooke penemu jenius yang terlupakan

Robert Hooke lahir di Inggris tahun 1635, kemudian bekerja sbg pengawas eksperimen di Royal Society of British (1662 - 1677).
Hooke adalah seorang penemu yg brilian. dia menciptakan kopling, yang dipakai utk kendaraan bermotor saat ini; diafragma iris, yg mengatur bukaan lensa kamera; dan kendali pegas pada roda penyeimbang arloji; bahkan dia membuat pompa udara untuk Robert Boyle. Hukum Hooke adalah teori tentang elastisitas pegas yang sampai sekarang dipakai untuk patokan. Prestasi terbesar Hooke adalah dg menciptakan mikroskop majemuk (Hookscop) yg kemudian dikembangkan oleh Christopher Crock.
"Sel" adalah kata ciptaannya utk menggambarkan rongga-rongga berbentuk sarang lebah pada gabus, kata "sel" kemudian digunakan utk unit dasar pembentuk makhluk hidup.
Bukunya, Micrographia (Gambar-gambar kecil), yg diterbitkan tahun 1655, memuat gambar kehidupan serangga yg dia gambar dengan indah dan akurat berdasarkan apa yg dia lihat di bawah mikroskopnya. Dia menggambarkan sketsa kutu dlm sketsa berukuran 30x45 cm dg detail dari mulai cakar, tulang belakang, sampai kulit kerasnya. Konon gambar kutu yg hidup sbg parasit ini, mengejutkan para pembacanya. Bahkan, para wanita terhormat sampai jatuh pingsan ketika melihat gambar itu!
Dalam bukunya Hooke menulis, "Mikroskop memungkinkan utk melihat ratusan kali ujung lancip dari jarum yg lebih tajam". Untuk pertama kali mikroskop menyingkapkan "dunia organisme hidup yg luar biasa kompleks" menurut Encyclopedia Britannica. Hooke adalah orang pertama yg memeriksa fosil dan menyebutkannya sebagai jasad atau sisa organisme yang sudah lama mati.
Setelah kebakaran London 1666, Hooke diangkat menjadi juru survei untuk pembangunan kembali London, bersama dengan Christopher Wren. Hooke membuat Monumen peringatan setinggi 62 meter di London, pilar itu dibuat tanpa penopang, dan dia berniat menggunakannya untuk menguji teori gravitasi. dan dia pun ikut berpatisipasi dalam pembuatan Royal Observatory Greenwich oleh Wren. Montague House, gedung pertama British Museum pun salah atau karya nya.
Hooke adalah astronom hebat, termasuk orang pertama yg membuat teleskop pemantul, yg  ia dinamain dengan nama astronom dan ahli matematika Skotlandia, james Gregory. Berdasarkan pengamatannya, planet Yupiter berputar pada porosnya dan sketsa Mars karyanya digunakan 2 abad kemudian sebagai penentu kecepatan rotasi planet tersebut.
Tahun 1687, sir Isaac Newton menerbitkan Mathematical Principles of natural Philosophy. Buku tersebut terbit 22 tahun setelah Micrographia Hooke, menguraikan hukum gerakan termasuk hukum Gravitasi. tetapi, menurut Allan Chapman (Sejarawan sains Universitas Oxford), Hooke sudah terlebih dahulu mengungkapkan hukum gravitasi ini.
Karena perdebatan tentang optika dan gravitasi, hubungan Hooke dan Newton rusak, bahkan Newton menghapuskan nama Hooke dari Mathematical Principles. Selain itu karya-karya Hooke serta satu-satunya potret dirinya ikut hilang, tak lama setelah Newton menjadi ketua Royal Society of British.
Tahun 2003, dalam rangka memperingati 300 tahun meninggalnya Hooke, Royal Observatory Greenwich di London memamerkan beberapa temuannya yang luar biasa. dan para ilmuwan berusaha keras utk memulihkan reputasi Hooke sebagai"penemu jenius yang terlupakan" begitu menurut penulis biografi Stephen Inwood.
Robert Hooke meninggal di London pada tanggal 3 Maret 1703.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.