Ilmuwan Inggris raih Nobel bidang Fisiologi

STOCKHOLM: Ilmuwan Inggris, Robert Edwards, meraih Hadiah Nobel 2010 di bidang Fisioligi atau Medis atas "pengembangannya mengenai bayi tabung," kata dewan juri Nobel--Majelis Nobel di Institut Karolinska Swedia di Stokholm, hari ini.



Mejelis Nobel di Institut Karolinska telah memutuskan untuk menganugrahkan Hadiah Nobel 2010 di bidang Fisiologi atau Medis kepada Robert Edward," kata Goran Hansson, Sekretaris Komite Hadiah Nobel.



Hadiah Nobel 2010 itu untuk "in-vitro fertilization", pembuahan yang dapat ditanam di luar rahim seorang wanita.



Edward memulai pekerjaan fundamentalnya pada 1950-an, kata Komite Nobel.



Sepanjang 20 tahun dari satu penemuan ke penemuan lain, terobosan itu datang pada 1978 ketika bayi tabung pertama lahir pada 1978, kata komite tersebut.



Sejauh ini telah lahir sekitar empat juta bayi dari teknologi bayi tabung, katanya.



Edwards, 84, yang dihubungkan dengan Universitas Cambridge, menerima Hadiah Lasker pada 2001.



Edward merupakan peraih Nobel ke 196 di bidang Fisiologi atau Medis.



Para pemenang Nobel di bidang fisika akan diumumkan pada Selasa, diikuti bidang kimia pada Rabu, kesusasteraan pada Kamis, Perdamaian pada Jumat dan di bidang ekonomi pada Senin depan.



Hadiah Nobel tahunan biasanya diumumkan pada Oktober dan diserahkannya kepada para pemenang pada 10 Desember, yang merupakan tanggal kematian Alfred Nobel pada 1896, industriawan dan investor dinamit Swedia.



Alfred Nobel meninggal dunia tanpa punya anak dan mendedikasikan kekayaannya dengan mengadakan "hadiah untuk saban akhir tahun kepada tokoh-tokoh yang sangat berjasa bagi kehidupan manusia."



Hadiah itu mulai dianugrahkan sejak 1901. Hadiah tersebut terdiri atas satu medali, satu piagam penghargaan dan uang tunai sebesar 10 juta kronor Swedia atau sekitar US1,43 juta.



Antara/AFP
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.