Aktivis NU Diangkat jadi Tokoh Dunia Yale 2010

Jakarta - Satu lagi warga negara Indonesia memperoleh penghargaan bergengsi di luar negeri. Aktivis Nahdlatul Ulama (NU) Arif Zahmari diangkat sebagai Tokoh Dunia Yale 2010.



Program Tokoh Dunia Yale diselenggarakan oleh Universitas Yale, New Haven, Amerika Serikat (AS), sebagai upaya pengembangan kemimpinan global. Program tersebut berlangsung setiap tahun sejak 2002 dan telah mengangkat 155 tokoh dari 74 negara.



Program ini memiliki tiga tujuan utama, yakni menyediakan pelatihan lanjutan bagi para calon pemimpin dari berbagai bidang dan negara, menghubungkan jaringan kerja pemimpin dunia untuk Yale, dan memperluas pemahaman internasional di antara komunitas Yale.



Dalam siaran pers Universitas Yale yang diterima detikom, Sabtu (26/6/2010), Zamhari adalah salah satu dari 15 Tokoh Dunia Yale untuk tahun 2010 ini. Ke-15 orang tersebut terpilih dari 1.500 orang peserta yang diseleksi.



Dosen Teologi dan Psikologi di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan juga mengajar di Institut Islam Negeri di Surabaya serta UIN Malang itu, adalah Tokoh Dunia Yale kedua dari Indonesia. Tokoh Indonesia Kamala Chandrakirana, mantan Ketua Komisi Nasional tentang Kekerasan Terhadap Perempuan, telah ikut program ini pada 2003.



Pengumuman Tokoh Dunia Yale tahun 2010 dilakukan oleh Rektor Universitas Yale Richard C Levin. Zamhari dinilai sebagai aktivis yang telah menunjang Islam moderat dan progresif. Ketua Tanfidziah PCI NU Australia dan New Zeland tahun 2007 itu juga dianggap berkomitmen menjalankan masyarakat beradab dalam menghadapi terorisme dan mendukung toleransi melalui dialog dan pendidikan.



"Dia sangat konsen pada wacana dialog antar-iman dan ikut serta dalam diplomasi Track II lewat kepemimpinan Forum ICIS (International Conference of Islamic Scholars)," tulis rilis tersebut.



Direktur Progam Tokoh Dunia Yale Michael Capello mengatakan, para kandidat tahun ini adalah yang paling berbakat. Masing-masing peserta terpilih telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa untuk mempengaruhi dialog di tataran nasional, regional, dan internasional.



Zamhari dan seluruh Tokoh Dunia Yale akan segera mengikuti seminar khusus dari bulan Agustus hingga Desember mendatang. Mereka juga akan menerima pelatihan pembangunan keahlian secara individual. Tidak hanya itu, mereka akan dipertemukan dengan para pemimpin AS dan negara asing.



Para Tokoh Dunia Yale sebelumnya telah bertemu Sekretaris PBB Jenderal Kofi Annan, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Pascal Lamy, Hakim Agung Stephen Breyer dan Ruth Bader Ginsburg, Ratu Rania Al Abdullah dari Jordania, dan mantan Ketua Komite Demokrasi Nasional Howard Dean, dan ini hanya sebagian contohnya.



(irw/irw) - http://www.detiknews.com/read/2010/06/26/041147/1387026/10/aktivis-nu-arif-zahmari-diangkat-sebagai-tokoh-dunia-yale-2010
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.