Kimiawan Struktur Senyawa Organik

Alfred Werner (1866-1918) adalah seorang kimiawan Swiss. Menerima Penghargaan Nobel Kimia 1913 untuk penemuan struktur molekul organik olehnya. Werner merupakan orang pertama yang mengajukan struktur sesunggunya dari senyawa koordinasi yang mengandung ion kompleks, di mana sebuah atom logam transisi pusat dikelilingi oleh ligan netral atau anion. Ia juga mempersiapkan kompleks itu dengan isomer optik, dan pada tahun 1914 ia melaporkan senyawa chiral sintetis pertama yang kekurangan karbon, dikenal sebagai heksol dengan rumus kimia [Co(Co(NH3)4(OH)2)3]Br6.



Alfred Werner, anak dari mandor pabrik J.A. Werner dan istrinya Jeanne, née Tesche, dilahirkan pada tanggal 12 Desember 1866, di Mulhausen di Alsace, tempat ia pergi ke sekolah. Ketika ia berada di sekolah, dia menunjukkan minat dalam bidang kimia dan lakukan, ketika ia hanya 18, yang pertama penelitian kimia independen. Sejak tahun 1885 sampai 1886 ia dinas militer di Karlsruhe dan, selama ini, menghadiri kuliah-Engler di Sekolah Tinggi Teknik di kota itu. Pada tahun 1886 ia menghadiri kuliah di Federal Technical High School di Zurich dan pada tahun 1889 yang diperoleh di sana Diploma Teknik Kimia. Selama studinya di sana ia banyak dipengaruhi oleh Profesor A. Hantzsch.



Pada tahun 1889 ia diangkat menjadi Asisten di laboratorium Profesor menyergap di Sekolah Tinggi Teknik Zurich dan dia kemudian mulai bekerja sama dengan Profesor Hantzsch dalam penelitian. Pada 1890 ia memperoleh gelar sarjana di University of Zurich dengan tesis mengenai tata ruang dari atom dalam molekul yang mengandung nitrogen. Dari 1890 hingga 1891 ia melakukan pekerjaan lebih lanjut mengenai hal ini dan mengunjungi Paris, di mana ia bekerja di bawah Profesor Berthelot di Collège de France. Pada 1892 ia kembali ke Zurich sebagai dosen di Sekolah Tinggi Teknik, dan pada 1893 ia diangkat sebagai Associate Professor di University of Zurich, untuk berhasil Victor Merz dan kemudian memberikan kuliah di Universitas kimia organik. Pada tahun 1895 ia menjadi profesor kimia di University, memberikan kuliah pada kimia organik sampai, pada 1902 dan ia mengambil kuliah pada kimia anorganik. Pada tahun 1895 ia memperoleh kewarganegaraan Swiss dan meski ia ditawari pos di Wina, Basel dan Wurzburg, ia menolak ini, lebih memilih untuk tetap di Zurich.



Nama Werner akan selalu dihubungkan dengan teori koordinasi yang didirikan dan dengan karyanya tentang hubungan spasial atom dalam molekul, dasar-dasar yang diletakkan di dalam pekerjaan yang dilakukannya, ketika ia hanya 24, untuk tesis doktor pada tahun 1892. Dalam karya ini ia merumuskan gagasan bahwa, dalam berbagai senyawa tervalent nitrogen, tiga ikatan valensi atom nitrogen diarahkan kepada tiga sudut suatu tetrahedron, keempat sudut yang ini diduduki oleh atom nitrogen. Pada tahun 1891 dia telah menerbitkan sebuah makalah tentang teori afinitas dan valensi, di mana ia menggantikan konsepsi Kekulé konstan valensi, gagasan bahwa affnity adalah gaya yang menarik dari pusat atom yang berfungsi secara merata terhadap semua bagian dari permukaan atom.



Pada tahun 1893 ia menyatakan, dalam sebuah makalah tentang senyawa mineral, variabel teori valensi, menurut molekul anorganik senyawa yang mengandung atom tunggal yang bertindak sebagai pusat inti sekitar yang disusun sejumlah tertentu atom lain, radikal atau molekul lain secara sederhana , spasial, pola geometris. Sosok yang menyatakan jumlah atom sehingga dikelompokkan putaran nukleus yang sentral disebut oleh Werner nomor koordinasi, yang paling penting nomor koordinasi ini menjadi 3, 4, 6 dan 8, angka 6 terjadi terutama sering. Ribuan senyawa molekuler sesuai dengan angka 6 jenis, dan dalam semua ini ada sebuah pusat dikoordinasikan atom dengan atom di sudut-sudut sebuah segi delapan.



Selama 20 tahun Werner dan kolaborator baru belajar dan mempersiapkan serangkaian senyawa molekuler dan mempelajari konfigurasi mereka, penerbitan berbagai makalah tentang mereka, 150 di antaranya oleh dirinya sendiri. Akhirnya, karyanya memuncak dalam penemuan isomer optis-aktif dari kompleks dipelajari, keberadaan yang telah diperkirakan oleh hipotesis. Lebih dari 40 rangkaian optis-aktif simetri oktahedral kompleks dengan dipisahkan dalam bentuk-bentuk optikal-aktif, dengan hasil bahwa konfigurasi spasial yang kompleks ke nomor 6 koordinasi didirikan sebagai tegas sebagai bahwa dari atom karbon tetrahedral van 't Hoff dan Le Bel. Werner juga bekerja di kompleks dengan bilangan koordinasi lain, terutama 4, yang dapat berupa tetrahedral atau pesawat terbang persegi. Seperti Paulus Pfeiffer, dalam laporannya tentang karya Werner diterbitkan di Great Chemists (1961, Diedit oleh Eduard Farber, Interscience, New York) pernyataan teori koordinasi Werner meluas ke seluruh seluruh jajaran kimia anorganik sistematis dan masuk ke kimia organik juga. Untuk karyanya itu Werner dianugerahi Nobel Kimia untuk 1913.



Werner ini sesuai anggota Royal Society of Sciences (der Gesellschaft Königliche Wissenschaften) di Göttingen dari Physico-Kedokteran Masyarakat (Physikalisch-Medizinische Sozietät) dari Erlangen. Dia memegang gelar doktor kehormatan dari Universitas Jenewa, dan merupakan Anggota Kehormatan Masyarakat Fisika dan Natural History di kota yang sama, dari Asosiasi Fisik (Physikalischer Verein) of Frankfurt / Main, dari Bunsengesellschaft Jerman, dari Société Vaudoise des Sciences Naturelles di Lausanne, dan dari Chemical Society of London. Dia juga merupakan anggota permanen Imperial Society of Friends of Natural History, Antropologi dan Etnografi Moskow. France dianugerahkan kepada dia Leblanc Medal dari Societe chimique dan perbedaan dari Officier de l'Instruction Publique.



Werner adalah orang yang sangat ramah, yang rekreasi itu biliar, catur dan permainan kartu Swiss, Jass. Dia menghabiskan liburan di antara gunung-gunung dan melakukan perjalanan jauh untuk menghadiri pertemuan ilmiah di luar Swiss. Sebagai dosen ia adalah seorang meyakinkan dan antusias pembicara dengan hadiah untuk penjelasan yang jelas tentang masalah-masalah sulit. Di antara murid-muridnya itu dibedakan seperti laki-laki sebagai Jantsch, Karrer dan Pfeiffer. Berharga bagi orang lain adalah bukunya Neuere Anschauungen der auf dem anorganischen Chemie Gebiete (Ide-ide baru dalam kimia anorganik) dan Lehrbuch der Stereochemie (Textbook of stereokimia), keduanya diterbitkan pada tahun 1904.



Tahun 1894, Werner menikah Emma Giesker dari Zurich, anggota sebuah keluarga Jerman. Mereka punya satu anak, Alfred, dan seorang putri, Charlotte. Pada tahun 1913, tahun di mana ia menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia, ia sudah menderita dari arteriosclerosis dan 1915 ini telah memaksanya untuk memberikan kuliah umum-nya tentang kimia dan pada 1919 ia harus melepaskan Professor. Pada tanggal 15 November 1919 ia meninggal pada usia 53.



Dari Nobel Lectures, Kimia 1901-1921, Elsevier Publishing Company, Amsterdam, 1966


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.