Ilmuwan Elektromekanik Daya Listrik

Nikola Tesla adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika dan teknisi listrik Amerika Serikat. Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan seorang teknisi terbesar akhir abad 19 dan 20. Tesla perintis elektromekanik, tanpa kabel dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat 1891 selagi bekerja di negara tersebut. Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik modern termasuk distribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua.



Tesla dari etnis Serbia lahir di Smiljan, Croatia, 10 Juli 1856 dan kemudian menjadi warga negara Amerika. Ayahnya, Milutin Tesla adalah Imam Ortodoks Serbia dan ibunya Djuka Mandic adalah seorang yang berbakat dalam membuat alat kerajinan rumah dan hafal banyak puisi epik Serbia, tapi tidak pernah belajar membaca. Asal ayahnya dianggap salah satu dari salah satu marga Serbia lokal di lembah Tara, atau dari Herzegovinia mulia Pavle Orlovic Ibunya, Đuka, putri seorang pendeta Gereja Ortodoks Serbia, berasal dari keluarga yang berdomisili di Lika dan Banija, tetapi dengan lebih dalam asal-usul ke Kosovo.



Nikola anak keempat dari lima bersaudara, memiliki satu kakak laki-laki dan tiga saudara perempuan (Milka, Angelina dan Marica). Keluarganya pindah ke Gospic pada 1862. Tesla pergi ke sekolah di Karlovac. Dia menyelesaikan jangka empat tahun dalam rentang waktu tiga tahun. Tesla kemudian belajar teknik elektro di Politeknik Austria di Graz 1875. Disana ia mempelajari penggunaan arus bolak-balik. Beberapa sumber mengatakan ia menerima gelar dari universitas di Graz. Namun, universitas mengklaim bahwa ia tidak menerima gelar dan tidak melanjutkan di luar semester pertama tahun ketiga, dan selama itu ia berhenti menghadiri kuliah.



Pada bulan Desember 1878 ia meninggalkan Graz dan memutuskan semua hubungan dengan keluarganya. Teman-temannya mengira bahwa dia telah tenggelam di Mura. Dia pergi ke Maribor, di mana ia pertama kali bekerja sebagai asisten insinyur selama satu tahun. Ia mengalami gangguan mental selama waktu ini. Tesla itu kemudian dibujuk oleh ayahnya untuk menghadiri-Ferdinand Charles University di Praha, yang ia menghadiri untuk jangka waktu musim panas 1880. Di sini, ia dipengaruhi oleh Ernst Mach. Namun, setelah ayahnya meninggal, ia meninggalkan universitas.



Tesla terlibat dalam membaca banyak karya dan menghafal buku. Tesla mengalami saat-saat rinci inspirasi. Selama masa awal kehidupan, Ia menderita kesusahan yang aneh di mana kilatan cahaya menyilaukan akan muncul di depan matanya, sering disertai dengan halusinasi. Sebagian besar waktu penglihatan terkait dengan sebuah ide hanya dengan mendengar nama item, ia akan tanpa sadar membayangkan dalam realistis rinci. Modern laporan sinestetis gejala yang sama. Tesla membayangkan sebuah penemuan di otaknya dengan sangat presisi, termasuk semua dimensi, sebelum pindah ke tahap konstruksi; teknik gambar kadang dikenal sebagai berpikir.



Pada 1880, ia pindah ke Budapest untuk bekerja di bawah Tivadar Puskás di Perusahaan Telepon Nasional. Dia bertemu Nebojsa Petrovic, penemu yang tinggal di Austria. Mereka bekerja pada sebuah proyek bersama dengan menggunakan turbin kembar. Pada pembukaan pertukaran telepon di Budapest 1881, Tesla menjadi kepala perusahaan listrik dan kemudian insinyur pertama negara sistem telepon. Ia juga mengembangkan perangkat yang, menurut beberapa orang, ada telepon repeater atau penguat, tapi menurut orang lain bisa saja pertama loudspeaker.



Pada 1882 ia pindah ke Paris, untuk bekerja sebagai seorang insinyur bagi Perusahaan Edison Kontinental, merancang perbaikan peralatan listrik yang dibawa ke luar negeri dari ide Edison. Edison menyewa Tesla bekerja untuk Edison Machine Works. Tesla bekerja untuk Edison mulai dengan teknik elektro yang sederhana dan cepat berkembang untuk memecahkan beberapa yang paling sulit. Tesla bahkan menawarkan tugas sepenuhnya mendesain ulang perusahaan Edison generator arus searah. Tahun 1886, Tesla membentuk perusahaannya sendiri, Tesla Electric Light & Manufacturing. Investor keuangan awal tidak setuju dengan Tesla pada rencananya untuk motor arus bolak-balik dan akhirnya lega dia dari tugas-tugasnya di perusahaan.



Tahun 1887, ia membangun brushless awal motor induksi arus bolak-balik, yang ia menunjukkan kepada American Institute of Electrical Engineers (sekarang IEEE) pada tahun 1888. Pada tahun yang sama, ia mengembangkan prinsip-prinsip dari kumparan Tesla, dan mulai bekerja dengan George Westinghouse di Westinghouse Electric & Manufacturing Company's Pittsburgh laboratorium. Westinghouse mendengarkan ide untuk sistem polyphase yang akan memungkinkan transmisi listrik arus bolak-balik jarak jauh.



Pada April 1887, Tesla mulai menyelidiki apa yang kemudian disebut sinar-X menggunakan terminal tunggal sendiri tabung vakum. Perangkat ini berbeda dari awal lain tabung sinar-X dalam bahwa tidak punya target elektroda. Istilah modern untuk fenomena yang dihasilkan oleh perangkat ini adalah pengereman radiasi. Kita sekarang tahu bahwa perangkat ini dioperasikan dengan memancarkan elektron dari satu elektroda melalui kombinasi lapangan emisi elektron dan emisi thermionic. Setelah dibebaskan, elektron sangat ditolak oleh medan listrik yang tinggi di dekat elektroda selama tegangan negatif puncak dari HV berosilasi output dari Tesla Coil, menghasilkan sinar X ketika mereka bertabrakan dengan amplop kaca.



Setelah demonstrasi komunikasi nirkabel melalui radio di 1894 dan setelah menjadi pemenang dalam "Perang arus", ia dihormati sebagai salah satu insinyur listrik terbesar yang bekerja di Amerika. Banyak dari karya-karya awalnya dipelopori teknik elektro modern dan banyak penemuannya itu dari inovatif penting. Selama periode ini, di Amerika Serikat, Ketenaran Tesla disaingi yang lainnya dalam sejarah, tetapi karena kepribadian yang eksentrik, Tesla akhirnya dikucilkan dan dianggap sebagai ilmuwan gila. Selain dari karyanya pada elektromekanis, elektromagnetik dan rekayasa, Tesla memberikan kontribusi dalam berbagai derajat ke pembentukan robot, remote control, radar, ilmu komputer, perluasan balistik, fisika nuklir dan teori fisika.



Generator Tesla dikembangkan oleh Tesla pada tahun 1895, dalam hubungannya dengan perkembangan mengenai pencairan udara. Tesla tahu dari Lord Kelvin, bahwa banyak panas yang diserap oleh udara cair bila gasified kembali dan digunakan untuk menggerakkan sesuatu, daripada yang dibutuhkan oleh teori; dengan kata lain, bahwa proses pencairan agak anomali atau 'di atas persatuan'. Hanya sebelum penyelesaian pekerjaan dan pengajuan aplikasi paten, laboratorium terbakar habis, menghancurkan semua peralatan, model dan penemuan. Segera setelah kebakaran, Linde, di Jerman, mengajukan permohonan paten untuk proses yang sama.



Tanggal 30 Juli 1891, ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada usia 35 tahun. Tesla mendirikan laboratorium Selatan Fifth Avenue di New York pada tahun yang sama. Kemudian, Tesla mendirikan laboratorium Houston Street di New York di 46 E. Houston Street. Di sana melakukan eksperimen resonansi mekanis elektro-mekanis dengan osilator, ia menghasilkan resonansi di beberapa bangunan di sekitarnya yang menyebabkan keluhan kepada polisi. Ia juga menyalakan lampu listrik tanpa kabel di New York, memberikan bukti bagi potensi daya nirkabel transmisi.



Beberapa teman-teman terdekat Tesla adalah para seniman. Ia pun berteman dengan editor Majalah Century Robert Underwood Johnson, yang diadaptasi beberapa puisi Serbia Jovan Jovanovic Zmaj (yang diterjemahkan Tesla). Juga selama waktu ini, Tesla dipengaruhi oleh filsafat Veda (Hindu) ajaran-ajaran Swami Vivekananda; begitu banyak sehingga, setelah terpapar Hindu-Veda berpikir, Tesla mulai menggunakan kata-kata Sanskerta untuk menyebutkan beberapa dari konsep-konsep dasar tentang materi dan energi.



Ketika Tesla sudah 36 tahun, paten pertama mengenai polyphase sistem kekuasaan diberikan. Dia melanjutkan penelitian dari sistem dan prinsip-prinsip medan magnet berputar. Tahun 1892-1894 sebagai Vice President dari American Institute of Electrical Engineers, pendahulu (bersama-sama dengan Institute of Radio Engineers) dari zaman modern IEEE. Dari 1893-1895, ia meneliti arus bolak-balik frekuensi tinggi. AC ia dihasilkan dari satu juta volt dengan menggunakan koil Tesla berbentuk kerucut dan meneliti efek kulit dalam konduktor, dirancang tuned sirkuit, menemukan sebuah mesin untuk pengantar tidur, tanpa kabel lampu lucutan gas, dan energi elektromagnetik ditransmisikan tanpa kabel, bangunan pemancar radio pertama.



Pada 1893 World's Fair, World's Columbian Exposition di Chicago adalah peristiwa bersejarah sebagai Tesla dan George Westinghouse memperkenalkan pengunjung ke listrik AC dengan menggunakannya untuk menerangi Pameran. Dalam ruangan itu tergantung dua piring karet keras ditutup dengan kertas timah. Ini sekitar lima belas meter terpisah sebagai terminal dari kabel transformer. Ketika arus dihidupkan, lampu-lampu yang tidak punya kabel terhubung dan tergeletak di atas meja di antara pelat di hampir semua bagian ruangan dibuat bercahaya. Tesla juga menjelaskan prinsip medan magnet yang berputar dan motor induksi dengan mendemonstrasikan bagaimana cara membuat telur yang terbuat dari tembaga "Telur Columbus".



Ketika 41 tahun ia mengajukan paten radio pertama dan setahun kemudian mendemonstrasikan perahu radio kontrol untuk militer AS. Tesla mengklaim telah mengembangkan "Seni Telautomatics", suatu bentuk robot, serta teknologi remote control. Pada 1898, ia mendemonstrasikan perahu radio kontrol kepada publik selama pameran listrik di Madison Square Garden. Tesla menyebutnya "teleautomaton". Radio remote control tetap menjadi hal baru sampai tahun 1960-an. Tesla merancang busi untuk mesin bensin pembakaran internal. Ia memperoleh US Patent 609.250, "Listrik Igniter untuk Gas Engine", di sistem pembakaran mekanis ini.



Pada tahun 1899, Tesla memutuskan untuk pindah dan mulai penelitian di Colorado Springs, Colorado, di mana ia akan memiliki ruang untuk tegangan tinggi dan eksperimen frekuensi tinggi. Setelah tiba dia mengatakan kepada wartawan bahwa ia melakukan eksperimen telegrafi nirkabel transmisi sinyal dari Puncak tombak ke Paris. Di laboratorium-nya, Tesla membuktikan bahwa bumi adalah konduktor dan ia menghasilkan petir buatan (terdiri dari jutaan volt dan hingga 135 meter panjangnya).



Di Colorado, Tesla melakukan berbagai eksperimen transmisi daya jarak jauh. Melalui gelombang longitudinal, Tesla energi ditransfer ke perangkat penerima. Dia mengirim pasukan elektrostatik melalui media alam di sebuah konduktor yang terletak di fluks magnet yang berubah-ubah dan kekuasaan ditransfer ke perangkat penerima. Eksperimen Colorado Tesla siap untuk proyek berikutnya, pembentukan sebuah fasilitas transmisi daya nirkabel yang akan dikenal sebagai Wardenclyffe. Tesla diberi US Patent 685.012 untuk sarana meningkatkan intensitas listrik osilasi.



Sejak Penghargaan Nobel dalam Fisika diberikan kepada radio Marconi pada tahun 1909, Thomas Edison dan Tesla disebut-sebut sebagai calon Nobel untuk berbagi Hadiah Nobel dari 1915. Beberapa sumber menyatakan bahwa karena permusuhan mereka terhadap satu sama lain tidak diberi penghargaan. Sebelumnya, Tesla saja sudah diisukan telah dinominasikan untuk Hadiah Nobel tahun 1912. Nominasi yang diisukan terutama untuk eksperimen dengan sirkuit disetel menggunakan tegangan tinggi frekuensi tinggi bergema transformer.



Tesla fasih dalam banyak bahasa Serbia, ia berbicara tujuh bahasa lain: Ceko, Inggris, Perancis, Jerman, Hungaria, Italia, dan Latin. Tesla mulai menunjukkan gejala-gejala obsesif-kompulsif pada tahun-tahun berikut. Ia menjadi terobsesi dengan angka tiga; ia sering merasa terdorong untuk berjalan di sekitar blok tiga kali sebelum memasuki bangunan, menuntut tiga melipat tumpukan kain serbet di samping piring setiap kali makan, dan lain-lain sifat OCD sedikit dimengerti di waktu dan tidak ada perawatan yang tersedia, sehingga gejala yang dianggap oleh beberapa orang sebagai bukti kegilaan parsial, dan ini tidak diragukan lagi sakit apa yang tersisa dari reputasinya.



Pada ulang tahun ke-75 tahun 1931, majalah Time menempatkan dia di sampulnya. Mencatat keterangan yang mencakup kontribusinya untuk generasi listrik. Tesla menerima paten terakhir tahun 1928 untuk sebuah alat untuk transportasi udara yang merupakan contoh pertama pesawat VTOL. Tesla membuat klaim yang luar biasa mengenai sebuah "teleforce" senjata. Media massa menyebutnya sebagai "sinar damai" atau sinar kematian. Pada 1937 Tesla menyusun risalah berjudul "The Art of Proyeksi Terkonsentrasi Non-dispersif Energi melalui media Alam" tentang partikel bermuatan balok. Tesla menerbitkan dokumen dalam usaha untuk menjelaskan pada deskripsi teknis dari suatu "superweapon yang akan mengakhiri semua perang". Ini menggambarkan sebuah tabung vakum berakhir terbuka dengan jet gas cap yang memungkinkan partikel untuk keluar, metode pengisian partikel untuk jutaan volt, dan metode untuk menciptakan dan mengarahkan aliran partikel nondispersive.



Tesla tinggal sepuluh tahun terakhir hidupnya di dua kamar suite di lantai ke-33 di Hotel New Yorker, kamar 3.327. Di dekat akhir hidupnya Tesla menunjukkan tanda-tanda penyakit mental dan dalam tahun-tahun terakhir ia menderita ekstrem kepekaan terhadap cahaya, suara dan pengaruh-pengaruh lain. Tesla meninggal karena gagal jantung, sendirian dalam kamar 3.327 dari New Yorker Hotel, pada tanggal 7 Januari 1943 pada umur 86 tahun. Pemakaman berlangsung 12 Januari 1943, di Katedral Santo Yohanes Ilahi di Manhattan, New York City. Tubuhnya dikremasi dan abunya dibawa ke Belgrade, Serbia, maka-Yugoslavia pada tahun 1957. Guci ditempatkan di Nikola Tesla Museum di Beograd. Warisan dan kehormatan. Patung Nikola Tesla di Niagara Falls State Park di Pulau Kambing, New York.


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.