Penemu Siklus Penyebaran Malaria

Ronald Ross lahir pada 13 Mei 1857, sebagai anak dari Sir CCG Ross, seorang Jenderal di tentara Inggris. Ronald Ross adalah bakteriologiwan Inggris yang menerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1902 untuk pekerjaannya pada malaria. Penemuannya pada parasit malaria dalam sistem gastrointestinal dari nyamuk Anopheles menimbulkan pada realisasi bahwa malaria disebarkan oleh Anopheles, dan meletakkan dasar untuk melawan penyakit itu. Dia memulai studi kedokteran di St Bartholomew's Hospital di London pada tahun 1875; Setelah tamat dalam ilmu kedokteran (1879), Ross memasuki Dinas Medis India dan membantu pada Perang Inggris-Burma III (1885).



Setelah itu ia belajar bakteriologi di London (1888-1889) dan kemudian kembali ke India, di mana, disarankan penasihat dan asisten Patrick Manson, Dia memulai studi malaria pada tahun 1892 dan serangkaian pemeriksaan malaria. Tahun 1894 ia memutuskan untuk membuat penyelidikan eksperimental di India dari hipotesis Laveran dan Manson bahwa nyamuk yang terhubung dengan penyebaran penyakit. Setelah dua setengah tahun 'kegagalan, Ross berhasil menunjukkan siklus hidup parasit malaria dalam nyamuk, sehingga membentuk hipotesis Laveran dan Manson.



Ia menemukan kehadiran parasit malaria dalam nyamuk Anopheles pada 1897. Menggunakan burung yang sakit akibat malaria, segera ia sanggup memastikan seluruh siklus kehidupan parasit malaria, termasuk kehadirannya dalam kelenjar ludah nyamuk. Ia menunjukkan bahwa malaria disebarkan dari burung yang teinfeksi pada orang sehat oleh gigitan nyamuk, penemuan yang membuktikan cara penyakit menyebar pada manusia.



Ross kembali ke Inggris pada 1899 dan menjadi anggota Liverpool School of Tropical Medicine dan kemudian Universitas Liverpool di bawah arahan Sir Alfred Jones.. Dia segera dikirim ke Afrika Barat untuk melanjutkan investigasi, dan di sana ia menemukan spesies nyamuk yang menyampaikan Afrika mematikan demam. Sejak saat itu Sekolah telah tak henti-hentinya dalam upayanya untuk meningkatkan kesehatan, dan terutama untuk mengurangi malaria di Afrika Barat. Ross telah dikonfirmasi dan dibantu oleh banyak otoritas, terutama oleh Koch, Daniels, Bignami, Celli, Christophers, Stephens, Annett, Austen, Ruge, Ziemann, dan banyak lainnya.



Ross pada 1901 terpilih sebagai Fellow dari Royal College of Surgeons di Inggris dan juga seorang Fellow dari Royal Society, di mana ia menjadi Wakil Presiden 1911-1913. Pada tahun 1902 ia diangkat sebagai seorang sahabat yang sangat mulia Order of Bath oleh Yang Mulia Raja Britania Raya. Pada tahun 1902 didirikan sebuah gerakan kaki untuk memperingati jasa berharga yang diberikan kepada Sekolah Kedokteran Tropis oleh para pencipta dan Ketua, Sir Alfred Jones, oleh Ketua mendirikan sebuah Kedokteran Tropis di Universitas College untuk dihubungkan dengan Sekolah. Gerakan ini disambut dengan antusias dukungan, dan sejumlah uang segera dikumpulkan cukup untuk «Sir Alfred Jones 'Ketua Kedokteran Tropis».



Ross diangkat menjadi profesor pada tahun 1902 dan mempertahankan Ketua sampai 1912. Pada tahun 1911 ia diangkat menjadi Komandan pangkat Knight Ordo yang sama. Di Belgia, ia diangkat sebagai Pejabat di Order of Leopold II. Ia diberi gelar kebangsawanan pada 1911. Pada 1912 ia menjadi dokter penyakit tropis pada King's College Hospital, London, sebuah posisi yang dipegangnya bersama-sama dengan Ketua Tropis Sanitasi di Liverpool. Ia tetap berada di sini sampai 1917, ketika ia diangkat sebagai Konsultan dalam Perang Malariology ke Kantor, pelayanannya dalam kapasitas ini, dan dalam hubungan khusus dengan wabah malaria yang kemudian terjadi pada pasukan pejuang, yang diakui oleh ketinggian pangkat Komandan Knight , St Michael dan St George, pada 1918. Ia kemudian ditunjuk Consultant Malaria kepada Departemen Pensiun.



Pada tahun 1926 ia menduduki jabatan sebagai Direktur di Kepala Institut Ross dan Rumah Sakit Penyakit Tropis dan Kebersihan, yang telah didirikan untuk menghormatinya oleh pengagum karya-karyanya, dan ia tetap dalam posisi ini sampai kematiannya. Ia juga seorang Presiden Society of Tropical Medicine. Memoirs Nya (London, 1923) adalah «tertulis kepada rakyat Swedia dan ingatan Alfred Nobel». Di samping karangan matematika, puisi, dan karya fiksi, ia menulis Pencegahan Malaria (1910).



Selama karier aktif ini, Ross 'minat berbaring terutama dalam memulai langkah-langkah untuk pencegahan malaria di berbagai negara di dunia. Dia melakukan survei dan memulai skema di banyak tempat, termasuk Afrika Barat, Terusan Suez zona, Yunani, Mauritius, Siprus, dan di daerah yang terkena perang 1914-1918. Dia juga memprakarsai organisasi, yang telah terbukti mapan, untuk mencegah malaria dalam industri penanaman India dan Srilanka. Dia membuat banyak kontribusi epidemiologi malaria dan metode dari survey dan penilaian, tapi mungkin yang terbesar adalah pengembangan model matematika untuk studi dari epidemiologi, dimulai dalam laporannya di Mauritius pada tahun 1908, dijabarkan dalam Pencegahan Malaria pada 1911 dan dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk yang lebih umum dalam makalah ilmiah yang diterbitkan oleh Royal Society pada 1915 dan 1916.



Kertas kerja ini mewakili kepentingan matematika yang mendalam dan tak terbatas pada epidemiologi, namun hal ini menyebabkan dia membuat kontribusi materi murni dan terapan matematika. Yang terkait dengan «pathometry» yang paling terkenal dan, 40 tahun kemudian, merupakan dasar dari banyak pemahaman epidemiologi penyakit yang terbawa serangga. Melalui karya-karya ini Ross melanjutkan kontribusi besar dalam bentuk penemuan transmisi malaria oleh nyamuk, tetapi ia juga menemukan waktu dan energi mental untuk banyak kegiatan lain, menjadi penyair, dramawan, penulis dan pelukis. Terutama, karya-karya puitisnya mendapat sambutan luas dia yang independen terhadap para medis dan matematika berdiri.



Ia menerima banyak penghargaan selain Hadiah Nobel dan Keanggotaan Kehormatan belajar masyarakat dari sebagian besar negara Eropa dan banyak benua. Dia mendapat kehormatan gelar MD di Stockholm pada tahun 1910 pada perayaan ulang tahun keseratus Caroline Institute. Sementara para kelincahan dan tulus ikhlas mencari kebenaran disebabkan gesekan dengan beberapa orang, ia menikmati luas lingkaran teman-teman di Eropa, Asia dan Amerika yang dihormati dia karena kepribadian dan juga kegeniusannya. Ross menikah Rosa Bessie Bloxam pada tahun 1889. Mereka punya dua putra, Ronald dan Charles, dan dua anak perempuan, Dorothy dan Sylvia. Istrinya meninggal pada tahun 1931, Ross bertahan sampai setahun kemudian, ketika ia meninggal setelah lama sakit, di Ross Institute, London, pada 16 September 1932.



Dari Nobel Lectures, Fisiologi atau Kedokteran 1901-1921, Elsevier Publishing Company, Amsterdam, 1967


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.