Kimiawan Ionisasi Senyawa Larutan

Svante Arrhenius Agustus lahir pada 19 Februari 1859, putra dari Gustaf Svante Arrhenius dan Carolina Christina Thunberg. Leluhurnya adalah petani; pamannya menjadi Profesor of Botany dan Rektor Pertanian Ultuna High School di dekat Uppsala dan kemudian Sekretaris Akademi Swedia Pertanian. Ayahnya ukur tanah yang digunakan oleh Universitas Uppsala dan bertanggung jawab dari perkebunan di Vik, di mana Svante dilahirkan. Keluarganya pindah ke Uppsala pada tahun 1860. Anak itu dididik di sekolah Katedral di mana rektor adalah seorang guru fisika yang baik. Sejak usia dini Svante telah menunjukkan suatu kemampuan untuk perhitungan aritmatika, dan di sekolah ia sangat tertarik pada matematika dan fisika. Pada 1876 ia memasuki Universitas Uppsala, belajar matematika, kimia dan fisika. Instruksi praktis dalam fisika bukan yang terbaik, dan pada 1881 ia pergi ke Stockholm untuk bekerja di bawah E. Edlund Profesor di Akademi Ilmu Pengetahuan.



Di sini, Arrhenius mulai dengan membantu Edlund dalam karyanya pada pengukuran gaya gerak listrik di percikan kotoran tetapi segera pindah ke bunga sendiri. Ini mengakibatkan dalam tesisnya (1884) Recherches sur la des conductibilité galvanique elektrolit (Penyelidikan di galvanik konduktivitas elektrolit). Dari hasil penulis menyimpulkan bahwa elektrolit, ketika dilarutkan dalam air, menjadi untuk berbagai tingkat split atau dipisahkan menjadi berlawanan listrik ion positif dan negatif. Sejauh mana terjadi disosiasi ini tergantung di atas semua pada sifat substansi dan konsentrasi dalam larutan - menjadi lebih berkembang semakin besar pencairan. Ion-ion yang seharusnya menjadi pembawa arus listrik, misalnya dalam elektrolisis, tetapi juga dari aktivitas kimia. Hubungan antara jumlah sebenarnya ion dan jumlah mereka pada pengenceran besar (ketika semua molekul yang dipisahkan) memberikan jumlah minat khusus ( "aktivitas konstan").



Gagasan tentang hubungan antara listrik dan kecenderungan kimia, pernah dianjurkan oleh Berzelius, telah, bagaimanapun, jadi benar-benar menghilang dari kesadaran umum para ilmuwan bahwa nilai Arrhenius 'publikasi ini tidak dipahami oleh fakultas ilmu di Uppsala, di mana disertasi terjadi. Di sisi lain, Otto Pettersson, Profesor Kimia di Stockholms Högskola, menekankan keaslian disertasi *, dan Wi. Ostwald pergi ke Uppsala untuk membuat kenalan penulis muda. Begitu pentingnya Arrhenius kerja dengan demikian menjadi jelas, dan pada akhir 1884 ia mendapat docentship di Uppsala pada kimia fisik - di Swedia pertama di cabang baru ini ilmu pengetahuan.



Melalui pengaruh Edlund ia mendapat perjalanan persekutuan dari Akademi Ilmu Pengetahuan yang memungkinkan dia untuk bekerja pada tahun 1886 dengan Ostwald di Riga dan dengan Kohlrausch di Würzburg. Pada tahun 1887 ia bersama Boltzmann di Graz dan pada 1888 ia bekerja dengan van 't Hoff di Amsterdam. Selama tahun-tahun ini Arrhenius mampu membuktikan pengaruh disosiasi elektrolitik pada tekanan osmotik, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan yang mengandung elektrolit. Kemudian ia belajar pentingnya dalam kaitannya dengan masalah biologis seperti hubungan antara racun dan antitoxins, terapi serum, peranannya untuk pencernaan dan penyerapan serta untuk lambung dan cairan pankreas. Yang sangat penting dari teori disosiasi elektrolitik hari ini universal diakui, bahkan jika modifikasi tertentu telah ditemukan perlu.



Pada tahun 1891, Arrhenius menolak menjadi profesor ditawarkan kepadanya dari Giessen, Jerman, dan tak lama kemudian ia memperoleh jabatan dosen dalam fisika di Stockholms Högskola. Pada tahun 1895 ia menjadi profesor fisika di sana. Dia berada di samping Rektor 1897-1905, ketika ia pensiun dari guru. Dia telah mendapat undangan untuk menjadi guru besar di Berlin, dan Academy of Sciences kemudian memutuskan (1905) untuk memulai sebuah Lembaga Nobel untuk Kimia Fisika dengan Arrhenius sebagai kepala. Awalnya ia harus bekerja di flat sewaan, tetapi gedung baru diresmikan pada tahun 1909. Sejumlah besar kolaborator datang kepadanya dari Swedia dan dari negara lain, dan membantu untuk memberikan ide-idenya mata uang yang lebih luas.



Arrhenius pada tahun 1900 menerbitkan Lärobok i teoretisk elektrokemi (Textbook of teoretis elektrokimia), pada tahun 1906 diikuti Theorien der Chemie (Teori Kimia) dan Immunochemistry dan pada tahun 1918, kuliah Teori Silliman solusi. Ia mengambil minat yang marak di berbagai cabang fisika, seperti digambarkan oleh teorinya tentang pentingnya konten CO2 dari atmosfer untuk iklim, pembahasannya tentang kemungkinan bahwa tekanan radiasi bisa memungkinkan penyebaran spora hidup melalui alam semesta ( panspermy) dan oleh berbagai sumbangan pengetahuan kita tentang cahaya utara. Pada tahun 1903 muncul nya kosmischen Lehrbuch der Physik (Textbook of kosmik fisika).



Banyak kuliah dan publikasi pendek memberi kesaksian tentang minat dan kemampuan untuk menulis untuk masyarakat umum. Khususnya selama dekade terakhir hidupnya, ia menerbitkan sejumlah buku populer, yang biasanya diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan muncul dalam berbagai edisi. Världarnas milik ini Utveckling (1906, Worlds in the Making), Stjärnornas Oden (1915, Destiny of the Stars) dan lain-lain. Pada tahun 1913 muncul Smittkopporna och deras bekämpande (Cacar dan memerangi) dan pada 1919 Kemien moderna det och livet (Kimia dan Kehidupan modern).



Arrhenius terpilih anggota Asing Royal Society pada tahun 1911, dan dianugerahi medali Davy Society dan juga Faraday Medal dari Chemical Society (1914). Di antara banyak tanda-tanda dari perbedaan yang ia terima gelar kehormatan dari Universitas Birmingham, Cambridge, Edinburgh, Greifswald, Groningen, Heidelberg, Leipzig, dan Oxford. Arrhenius adalah seorang pria puas, bahagia dalam pekerjaan dan dalam kehidupan keluarga. Selama Perang Dunia Pertama, ia membuat usaha yang sukses untuk melepaskan dan memulangkan para ilmuwan Jerman dan Austria yang telah dibuat tawanan perang. Ia dua kali menikah - pada tahun 1894 pada Sofia Rudbeck, oleh siapa dia punya satu anak, dan pada tahun 1905 dengan Maria Johansson oleh siapa dia punya satu putra dan dua putri. Ia meninggal di Stockholm pada tanggal 2 Oktober 1927, dan dimakamkan di Uppsala.


Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.