Penemu Plat Fotografi Berwarna

Jonas Ferdinand Gabriel Lippmann lahir dari keluarga Yahudi di Hollerich, Luxembourg pada tanggal 16 Agustus 1845 dan meninggal 13 Juli 1921 pada umur 75 tahun. Ia dilahirkan menjadi orang berkebangsaan Prancis karena ketika Gabriel berusia tiga tahun, keluarganya pindah kembali ke Perancis, untuk tinggal di Paris, di mana ia hanya belajar di rumah. Setelah cukup dewasa Lippmann dididik di Ecole Normale di Paris. Lippmann melakukan penelitian di Jerman ia menjadi guru besar probabilitas dan fisika matematika di Sorbonne pada tahun 1883. Pada tahun 1886 ia menjadi direktur laboratorium penelitian fisik dan profesor fisika di Sorbonne.



Pada tahun 1873 dari penelitiannya, Lippmann menemukan sebuah electrometer yang digunakan dalam mesin EKG pertama atau yang biasa disebut kapiler Lippmann electrometer, sebuah alat untuk mengukur tegangan yang sangat kecil. EKG, disingkat dari Elektrokardiogramm Jerman adalah sebuah grafik yang dihasilkan oleh elektrokardiograf, yang mencatat tegangan listrik di jantung dalam bentuk strip grafik yang terus-menerus. Penemuan-penemuan lain Lippmann masih banyak termasuk galvanometer, sebuah seismograf, dan coelostat.



Lippmann adalah seorang fisikawan Prancis. Pada tahun 1888 Lippmann menikahi putri seorang novelis Perancis Charles Victor Cherbuliez (19 Juli 1829 - 1 Juli 1899). Lippmann menerima Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1908 untuk pembuatan plat foto pertama berdasarkan fenomena gangguan, yang dikenal sebagai plat Lippman. Ia terkenal untuk penemuan dari risetnya berupa medium sensitif warna langsung dalam fotografi. Plat Lippmann merupakan bentuk awal fotografi berwarna yang dikembangkan pada tahun 1891.



Proses yang terlibat menempatkan sebuah mantel air raksa di belakang emulsi pada pelat fotografi. Ini adalah satu-satunya metode langsung warna fotografi tapi memerlukan waktu pemaparan yang panjang. Plat kaca dilapisi dengan emulsi perak transparan. Merupakan sisi yang tak terlapis yang disingkapkan terhadap cahaya dengan emulsi yang berhubungan dengan sebuah permukaan yang memantulkan seperti merkuri. Cahaya yang muncul direfleksikan balik pada interferensi penyebabnya sendiri. Ini membentuk gelombang tetap dalam emulsi pada setengah panjang gelombang cahaya yang muncul yang bereaksi dengan emulsi fotosensitif.



Perak yang ditempatkan kemudian merefleksikan cahaya pada bermacam kelipatan dari panjang gelombang asli yang memberi reaksi pada warna cerah. Bagaimanapun teknik ini sangat tak dapat dirasakan dan memerlukan peralatan khusus untuk melihat dan tak pernah ada dalam penggunaan umum. Ia dikenang untuk inovasi yang dihasilkan dari mencari sensitif warna langsung dalam fotografi media, sehingga selain sebagai seorang Fisikawan, Lippmann pun dikenal dalam dunia fotografi.



Lippmann adalah salah satu pendiri dari Institut d'optique th�orique et Appliqu�e di Perancis. Dia adalah anggota Akademi Ilmu Pengetahuan dari 8 Februari 1886 hingga kematiannya, termasuk menjabat sebagai Presiden pada tahun 1912. Di samping itu, ia adalah seorang Anggota Asing Royal Society of London, anggota Biro des garis bujur , dan anggota Grand ducal Institute. Biro des garis bujur adalah lembaga ilmiah Perancis, didirikan oleh dekrit 25 Juni 1795 dan didakwa dengan peningkatan bahari navigasi, standardisasi waktu-tetap, geodesi dan astronomi pengamatan.

Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.