Fisikawan John William Strutt

John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh yang lahir 12 November 1842 adalah fisikawan Inggris yang menurunkan sebuah persamaan untuk menghitung variasi sebaran cahaya dengan panjang gelombang. Ia juga mengembangkan sebuah persamaan yang menggambarkan penyebaran panjang gelombang pada radiasi badan hitam, namun hanya diterapkan pada panjang gelombang yang panjang. Rayleigh mencatat bahwa nitrogen di udara lebih padat daripada yang diperoleh dari mineral. Ia menulis jurnal Nature yang meminta usulan. Sir William Ramsay tertarik, dan penelitiannya memuncak pada 1894 dengan penemuan argon. Rayleigh dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika 1904.



Ayah John William Strutt, Baron Rayleigh ke-2 berasal dari Terling Pasang, Wlingi, di daerah Essex. Sebagai anak, Rayleigh menderita miskin kesehatan dan pendidikan. Dia harus meninggalkan sekolah setelah waktu singkat karena masalah kesehatan. Empat tahun dikeluarkan di Reverend Warner's. Rayleigh disiapkan untuk sekolah dan universitas di tahap ini dia mulai menunjukkan tanda-tanda kemampuan matematika. Selama empat tahun ini dia mendapat tutor pribadi. Dia memasuki Trinity College, Cambridge, pada Oktober 1861 di mana dia mengambil Tripos matematika. Pelatihnya di Cambridge, Edward Routh selain menjadi yang paling terkenal dari juru latih Cambridge, juga yang terbaik menerapkan matematika dan membuat sumbangan penting untuk dinamika.



Ada hal penting mempengaruhi Rayleigh pada saat sarjana di Cambridge, Rayleigh terinspirasi dengan ceramah yang dikombinasikan teori dan praktek. Awalnya terinspirasi oleh Maxwell pada teori elektromagnetik. Ia secara luas membaca literatur ilmiah untuk mencoba tentang masalah penelitian. Teori penyebaran, dipublikasikan di 1871, adalah penjelasan mengapa langit biru ini. Pada tahun yang sama ia menikahi Evelyn Baturaja, saudara dari Arthur James Baturaja yang menjadi anggota Partai Konservatif dan Perdana Menteri Inggris. Rayleigh telah menjadi mahasiswa di Cambridge dengan Arthur James Baturaja dan melalui dia telah bertemu dengan Evelyn. Dia terus bekerja di Terling dimana dia tinggal sampai sekarang itu.



Dari 1879 hingga 1884 Rayleigh adalah profesor kedua Cavendish dari percobaan fisika di Cambridge dan Maxwell merupakan proifesor Cavendish pertama. Rayleigh mengembangkan laboratorium kursus panas, listrik dan daya tarik, properti dari masalah, optik, dan akustik. Salah satu buah penting dari percobaan dijalankan selama dia bekerja adalah standardisation dari ohm. Kemudian pada 1884 ia mengundurkan diri Kursi di Cambridge untuk kembali kepada penelitian di Terling. Posisi keuangan beliau telah meningkat dan apa yang dia sukai adalah penelitian ilmiah, tanpa batas waktu mengkonsumsi tanggung jawab dari universitas. Terdapat banyak rekan yang mencoba untuk mendapatkan dia kembali tetapi Rayleigh tahu persis apa yang dia ingin dari kehidupan.



Rayleigh telah dipilih sebagai Fellow Royal Society pada 1873. Dia menerima Medal dari Royal Society di 1882, dan menjadi sekretaris dari Masyarakat di 1885, yang dianugerahkan Society Copley Medal di 1899. Dia memberi Society Bakerian Kuliah di 1902 dan beliau dipilih Presiden Masyarakat di 1905, memegang posisi sampai 1908. Rayleigh menjabat sebagai Presiden Masyarakat di London matematika 1876-78 dan dia dianugerahkan Society's Morgan De Medali pada tahun 1890. Dia juga memiliki koneksi dengan Lembaga Royal, menjadi guru besar filosofi alam ada di 1887. Dia menjadi rektor dari Universitas Cambridge pada 1908.



Kegiatan lain yang pantas sebutkan menempatkan dia dalam membantu pembentukan Fisik Laboratorium Nasional yang didirikan di Teddington Middlesex di dalam 1900. Dia ditunjuk penasihat ilmiah ke Rumah Trinitas, asosiasi pelaut Inggris, pada 1896. Terhubung dengan kancah politik melalui istrinya, ia banyak terlibat dalam peran penasihat pada Aeronautics. Jelas ini tingkat kegiatan berarti bahwa dia tidak kurangnya kontak dengan sesama ilmuwan, dan dengan banyak para ilmuwan terkemuka. Di antara publikasi dikhususkan untuk matematika, adalah paper tentang fungsi Bessel, hubungan antara Laplace dan fungsi Bessel dan fungsi Legendre. Di samping lebih biasa meterapkan topik matematika dan fisika, dia menulis topik yang tidak biasa seperti Hama dan warna bunga (1874), Di luar biasa penerbangan dari bola tenis (1877), Yang melonjak burung (1883), yang berlayar penerbangan dari albatros (1889), dan masalah dari bisikan Galeri (1910).



Kami telah disebutkan di atas karyanya pada fenomena elektromagnetik, ia besar pada risalah suara, penetapan ohm, dan kertas penting dari penyebaran penerangan yang menjelaskan mengapa langit biru ini. Selain itu dia menerapkan teori gelombang cahaya ke matematika penelitian yang dilakukan oleh kuasa menyelesaikan prisma dan sinar gratings sehingga dia menunjukkan bahwa penyelesaian kekuasaan seorang kisi ditentukan oleh total jumlah baris dalam jeruji dikalikan dengan pesanan dari spektrum, dan bukan oleh kedekatan dari baris. ... Pada 1887 ia dipublikasikan di sebuah kertas yang dia menyarankan metode mereproduksi warna kemudian diadopsi oleh fotografi pada prinsipnya oleh Lippmann.



Rayleigh mungkin paling terkenal atas penemuan Gas Argon di 1895. Pada waktu menerima Nobel Rayleigh menjelaskan bagaimana ia membuat penemuan terkenal itu. Rayleigh tentu saja berhasil dengan cukup kesulitan dalam mengisolasi gas. Sejak itu menolak untuk membuat kombinasi kimia tersebut.. Pada 1879 Rayleigh menulis pada kertas perjalanan gelombang, teori ini sekarang telah berkembang menjadi teori solitons. Bahkan di kertas kertas Pada 1885 dipropagasikan gelombang di sepanjang permukaan pesawat yang elastis solid. Rott melihat Rayleigh kontribusi untuk hidrodinamika, khususnya di hydrodynamic kesamaan: Ada dua domain dalam cairan mekanik yang dibuat Lord Rayleigh eksplisit penggunaan hydrodynamic kesamaan: teori aerodinamis yang menarik dan perlakuan yang Aeolian nada. Ada besar dampak Rayleigh gagasan pada pengembangan hydrodynamic kesamaan teori dan aplikasi pada saat seumur hidup dan sekitarnya.



Gelombang rayleigh atau groundroll adalah gelombang yang menjalar di permukaan bumi dengan pergerakan partikelnya menyerupai ellip. Karena menjalar di permukaan, amplitudo gelombang rayleigh akan berkurang dengan bertambahya kedalaman. Nama Rayleigh diberikan untuk menghormati penemunya John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh, Fisikawan berkebangsaan Inggris ini. Didalam rekaman seismik, gelombang rayleigh dicirikan dengan amplitudonya yang besar (hampir 2x amplitudo refleksi) dan dicirikan dengan frekuensi rendah. Tentu saja Rayleigh banyak menerima gelar kehormatan untuk kerja ilmiah. Di samping Hadiah Nobel dia menerima gelar kehormatan tiga belas, lima penghargaan pemerintah dan keanggotaan kehormatan dari lima belajar masyarakat di seluruh dunia. Rayleigh adalah seorang manusia sederhana dan murah. Dia menyumbangkan hasil Nobelnya untuk University of Cambridge untuk membangun sebuah ekstensi Cavendish ke laboratorium. Rayleigh meninggal pada 30 Juni 1919

Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.