Tim Berners-Lee Penemu (Word Wide Web)


Tim Berners-Lee adalah penemu Word Wide Web pada tahun 1989. Tim Berners-Lee merupakan sarjana lulusan Oxford University di Inggris. Ketika kuliah di Oxford Dia sudah bisa merakit computer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Ia menjadi Dewan Pendiri 3Com pada Laboratory for Computer Science, MIT. Setelah lulus dari Oxford pada tahun 1976, Tim Berners-Lee
ekerja pada Plessy Telecommunications Ltd. pada bidang sistem transaksi tersebar, messege relay dan teknologi barcode. Pada tahun 1978, Tim Berners-Lee bergabung dengan D.G Nash Ltd. dimana Ia membuat software untuk printer cerdas dan Multitasking Operation System.

Selain Tim Berners-Lee juga membuat program browser pertama dan server WWW pertama di dunia. Saat ini, browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer, Nescape, Opera dan Mozilla. Berners-Lee juga menulis piranti lunak yang mendifinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protokol (HTTP). Kesemua aplikasi ciptaanya tersebut saat ini dipergunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan protocol bagaimana situs-situs dapat ditemukan di internet dan berkomunikasi satu sama lainya. Itulah mengapa tim Berners-Lee dipercaya menjabat sebagai pengarah Word Wide Web Consortium.

Penemuan tim Berners-Lee atas Word Wide Web sendiri diawali ketika ia bekerja di CERN, laboratorium Fisika Partikel milik Eropa di tahun 1980. Pada saat itu Ia hanya dikontrak selama 6 bulan sebagai perekayasa piranti lunak (software engineer). Oleh karena CERN merupakan institusi multinasional, Berners-Lee ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang Dia miliki dan para peneliti lainya agar efisien. Berners-Lee kemudian menamakan software tersebut Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everything, judul enseklopedia yang dia ingat pada masa kecilnya. Software ini kemudian dikembangkan di luar CERN, sehingga berkembang pesat secepat perkembangan jaringan internet itu sendiri.
Pada tahun 1991 Berners-Lee kemudian memperkenalkan browser pertama. Pada waktu itu browser ini belum banyak dipergunakan media WWW, hingga beberapa tahun kemudian Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih popoler, Mosaic.


Jika Marc Andressen maupun ilmuwan lainya berhasil menjadi milyuner berkat ciptaannya, Tim Berners-Lee justru memilih tidak mematenkan penemuannya dan tetap konsisten pada bidang penelitian dan pengembangan teknologi. Sikapnya yang rendah hati justru mengundang kekaguman dan pujian dari banyak pihak, diantaranya adalah dari Ratu Elizabeth II sendiri yang menganugerahkan gelar kebangsawanan kepadanya. Selain itu Berners-Lee juga mendapatkan penghargaan Millennium Technology Prize yang merupakan penghargaan bidang teknologi terbesar di bumi pada saat itu. Selain itu peraih penghargaan ini merupakan pemenang pertama hadiah tahunan anugerah Yayasan Penghargaan Teknologi Finlandia.


Saat ini Berners-Lee menjabat Direktur Word Wide Web Consortium (W3C) yang berkantor di Massachussets Institute of Technology. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf sekira 40 orang yang terbesar di seluruh dunia.Tujuan Word Wide Web Consortium sendiri, adalah mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform (interopable technologies), menetapkan spesifikasi aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, Word Wide Web Consortium terdiri dari Microsoft, Adobe, Oracle, dan masih banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengekploitasi WWW agar dapat dipergunakan oleh lebih banyak orang. Dengan kata lain tujuan dari pengembangan Word Wide Web sendiri adalah membagi ilmu pengetahuan bagi sesama manuasia secara universal. (dsb)
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.