Neil Armstrong Orang pertama mendarat ke bulan

Astronot, pilot militer, pendidik. Lahir pada tanggal 5 Agustus, 1930 dekat Wapakoneta, Ohio. Pada tanggal 20 Juli 1969, Neil Armstrong membuat sejarah dengan menjadi orang pertama yang berjalan di bulan. Ia mengembangkan pesona dengan penerbangan pada usia dini dan memperoleh lisensi pilotnya mahasiswa ketika ia berusia 16. Pada tahun 1947, Armstrong memulai studinya di Teknik penerbangan di Universitas Purdue pada beasiswa Angkatan Laut Amerika Serikat.

studi-Nya, bagaimanapun, terputus pada tahun 1949 ketika ia dipanggil untuk melayani dalam Perang Korea. Seorang pilot US Navy, Armstrong terbang 78 misi pertempuran selama konflik militer. Dia meninggalkan layanan ini pada tahun 1952, dan kembali ke perguruan tinggi. Beberapa tahun kemudian, Armstrong bergabung dengan Komite Penasihat Nasional untuk Aeronautics (NACA), yang kemudian menjadi National Aeronautics and Space Administration (NASA). Untuk ini instansi pemerintah dia bekerja di sejumlah kapasitas yang berbeda, termasuk melayani sebagai pilot uji dan insinyur. Dia menguji banyak pesawat berkecepatan tinggi, termasuk X-15, yang dapat mencapai kecepatan tertinggi 4.000 mil per jam.

Dalam kehidupan pribadinya, Armstrong mulai tenang. Ia menikah Janet Shearon pada tanggal 28 Januari 1956. Pasangan itu segera ditambahkan ke keluarga mereka. Anak Eric tiba pada tahun 1957, diikuti anak Karen pada tahun 1959. Sayangnya, Karen meninggal akibat komplikasi yang berkaitan dengan tumor otak bisa dioperasi pada bulan Januari 1962.

Pada tahun yang sama, Armstrong bergabung dengan program astronot. Dia dan keluarganya pindah ke Houston, Texas, dan Armstrong menjabat sebagai pilot perintah untuk misi pertamanya, Gemini VIII. Dia dan sesama astronot David Scott diluncurkan ke orbit bumi pada tanggal 16 Maret 1966. Sementara di orbit, mereka dapat secara singkat dermaga ruang kapsul mereka dengan target kendaraan Agena Gemini. Ini adalah pertama kalinya dua kendaraan telah berhasil merapat di ruang angkasa. Selama manuver ini, bagaimanapun, mereka mengalami beberapa masalah dan harus memotong pendek misi mereka. Mereka mendarat di Samudera Pasifik hampir 11 jam setelah memulai misi, dan kemudian diselamatkan oleh Mason USS.

Armstrong menghadapi tantangan yang lebih besar pada tahun 1969. Seiring dengan Michael Collins dan Edwin E. "Buzz" Aldrin, dia adalah bagian pertama misi berawak NASA ke bulan. Trio diluncurkan ke ruang angkasa pada tanggal 16 Juli 1969. Menjabat sebagai komandan misi, Armstrong dikemudikan Modul Lunar untuk permukaan bulan pada 20 Juli 1969, dengan Buzz Aldrin kapal. Collins tetap berada di Modul Komando.

Pada 10:56, Armstrong keluar dari Modul Lunar. Dia berkata, "Itu salah satu langkah kecil untuk manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia," ketika ia membuat langkah terkenal pertama di bulan. Selama sekitar dua setengah jam, Armstrong dan Aldrin mengumpulkan sampel dan percobaan yang dilakukan. Mereka juga mengambil foto-foto, termasuk jejak mereka sendiri.

Kembali pada tanggal 24 Juli 1969, Apollo 11 kerajinan turun di bagian barat Samudera Pasifik Hawaii. Awak dan pesawat dijemput oleh Hornet USS, dan tiga astronot itu dimasukkan ke dalam karantina selama tiga minggu.

Sebelum panjang, ketiga astronot Apollo 11 diberi rumah sambutan yang hangat. Massa berjajar di jalanan kota New York City untuk menghibur pada para pahlawan terkenal yang dihormati dalam parade ticker-tape. Armstrong menerima berbagai penghargaan atas usahanya, termasuk Medal of Freedom dan Kongres Space Medal of Honor.
Namun masa kegagalan dia berlanjut ketika mengakui adanya suara azan di bulan tindakan neil amstrong ini membuat para pendeta menjadi geram sehingga dia di kecam untuk menarik perkataan nya tersebut. 

NB : banyak rumor berkata pendaratan kebulan adalah suatu kebohongan untuk membuktikan bahwasanya amerika lebih tangguh dari pada uni soviet pada saat erang dingn terjadi. tapi hanyaa Allah yang tahu...
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.