Wanita Pertama Meraih Gelar Ph.D

Pada tanggal 25 Juni 1678 seorang Wanita muda bernama Elena Lucrezia Cornaro Piscopia mendapat gelar Master and Doctor of Philosophy (Magistra et Doctrix Philosophiae). Waniat yang berasal dari Padua Italia tersebut tercatat sebagai wanita pertama di dunia yang berhasil meraih gelar Ph.D. Begitu banyaknya pengunjung yang ingin menyaksikan wisuda sang wanita tersebut sehingga upacara tidak dilakukan di bangsal universitas seperti biasanya tetapi dialihkan ke gedung kathedral.



Elena lahir pada tahun1646. Ayahnya Giovan Battista Cornaro adalah seorang bangsawan terkemuka Venesia yang kaa raya. Keluarga Cornaro pada umumnya memang menjadi tokoh masyarakat pada zaman itu. Giovan Battista sendiri sangat berpengaruhdan dengan pengaruhnya itu ia berhasil menentang larangan pada masa itu yang melarang wanita menempuh pendidikan tinggi. Kendati demikian pemerintah Itali tetap melarang Elena mengambil gelar doctor untuk theologi. Wanita ini kemudian memilih ilmu filsafat.



Elene tidak hanya cerdas dalam ilmu matematika dan astronomi, tetapi juga pandai berain musik dan mengarang lagu. Ingatanya tajam dan ia fasih berbahasa Francis, Spanyol, Hebrew, Latin dan Yunani. Ketika ayahnya berniat mengerahkan sejumlah seniman untuk membangun istananya di Grand Canal, Elena menganjurkan agar biaya untuk itu didermakan saja untuk orang miskin.



Elena ia tidak menikah dan sampai akhir hayatnya ia tetap menekuni ilmu filsafat. Ayahnya menyediakan sebuah istana dengan 4 pelayan dan seorang dokter pribadi. Tetapi Elena hidup secara sederhana di dalam istana tersebut, ia bahklan lebih suka makan dari piring biasa yang dipakai orang-orang miskin. Elena meninggal pada tahun 1684 dan gambar Elena masih bisa dijumpai di jendela �Stained Glass� di Perpustakaan Vassar College, Amerika Serikat.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Tokoh Ternama All Rights Reserved.