Bapak Bangsa India Mohandas Gandhi
Mohandas Karamchand Gandhi lahir 2 Oktober 1869, Porbandar, Seorang nasionalis pemimpin politik dan aktivis antikekerasan dalam abad ke-20. Dipuja di India sebagai "Bapak Bangsa," Gandhi juga merupakan ikon anti-kekerasan perlawanan politik. Pemimpin Kongres Nasional India, pemimpin agama Anak Perdana Menteri seorang pangeran. Gandhi dibesarkan di sebuah rumah taat agama, toleransi agama dan ajaran ahimsa. Gandhi dididik di Gujarat dan belajar hukum di Inggris tapi sepertinya terlalu malu menjadi seorang pengacara. Kembali ke India, ia tidak mampu mendapatkan pekerjaan dalam profesi hukum dan kemudian berangkat ke Afrika Selatan pada tahun 1883. Ia mengambil pekerjaan dengan perusahaan India di Afrika Selatan.
Pada tahun 1906 ia pertama kali masuk ke dalam tindakan satyagraha, dengan teknik perlawanan tanpa kekerasan. Di Afrika Selatan Gandhi dipekerjakan oleh perusahaan pengacara Muslim di Pretoria dan terlibat dalam perjuangan melawan penguasa. Di sana ia menjadi pembela yang efektif untuk hak-hak India. Ia menghabiskan 20 tahun membela hak-hak imigran di Afrika Selatan. Selama ini Gandhi menyempurnakan teknik protes anti-kekerasan dan ia gunakan kemudian di India. Keberhasilannya di Afrika Selatan memberinya reputasi internasional dan tahun 1915 ia kembali ke India dan beberapa menjadi pemimpin perjuangan nasional India.
Gandhi kembali ke India tahun 1915. Segera ia bergabung dalam tugas membangun Kongres Nasional India sebagai gerakan massa. Gayanya sederhana kain pinggang putih, selendang putih dan sandal menarik massa pedesaan yang segera memberinya gelar "Mahatma". Pada saat itu, India merupakan bagian dari Kerajaan Inggris dan anti-kekerasan dan pembangkangan sipil Gandhi sebagai sarana untuk kemerdekaan. India yang penduduknya terbanyak ke-2 di dunia dan bangsa yang begini besar hidup berkaparan di bawah pijakan sepatu lars Inggris yang melecut punggung India dan merampok kekayaan buminya. Mohandas K. Gandhi seorang yang berdiri paling depan dalam gerakan untuk kemerdekaan India. Gandhi menjalankan pembangkangan sosial tanpa kekerasan akhirnya berhasil "membujuk Inggris angkat kaki" dari negeri.
Arti penting Gandhi terletak pada anjuran "tanpa kekerasan"nya. (Gandhi sendiri secara khusus mengatakan ide itu berasal dari tulisan Thoreau, Tolstoy dan Perjanjian Baru dan pelbagai tulisan pemuka agama Hindu). Filsafat politik Gandhi berkisar tiga konsep kunci : satyagraha (anti-kekerasan), sawaraj (rumah pemerintahan) dan Sarvodaya (kesejahteraan semua). Sedangkan satyagraha pada dasarnya merupakan taktik untuk mencapai tujuan politik oleh anti-kekerasan, sawaraj dan Sarvodaya berusaha untuk mendorong melalui kerja sosial, pemintalan kapas, mengangkat pedesaan dan kesejahteraan sosial individual dan kolektif perbaikan dan regenerasi.
Tahun 1919 Gandhi membujuk Kongres untuk meluncurkan Gerakan Non-Kerjasama (1919-1922) yang segera menarik dukungan dari komunitas Muslim. Bola salju gerakan ini mengambil gilirannya dengan insiden kekerasan Chaura Chauri (1922). Menyusul insiden ini ia diskors dan dijatuhi hukuman 6 tahun penjara. Ia dibebaskan pada Februari 1924. Selama lima tahun berikutnya Gandhi mengabdikan dirinya pada pekerjaan sosial yang bertujuan mengangkat masyarakat miskin dan membangun kesatuan Muslim-Hindu. Menyusul Komisi Simon (1927-1930) dan Laporan Nehru (1928), ia meluncurkan Gerakan Ketidaktaatan Sipil (1930-1933) yang dimulai dengan Sandi terkenal Marcha dan Salt Satyagraha. Gerakan ini dihentikan sementara waktu saat Gandhi berpartisipasi dalam Konferensi Meja Bundar (1931) di London.
Selama kunjungannya ke London, ia tinggal dengan orang miskin di East End. Tetapi sebagai konferensi gagal untuk menghasilkan hasil yang memuaskan kepada Kongres, agitasi dilanjutkan setelah kembali ke India. Kegagalan Konferensi Meja Bundar menuju pengumuman Komunal Award (1932) oleh pemerintah Inggris yang memberikan perwakilan komunal, termasuk tak tersentuh Hindu, di provinsi badan legislatif. Penghargaan ini dipimpin Gandhi untuk melakukan yang cepat yang mengarah ke Poona Pakta (1932) oleh pemimpin yang tak tersentuh representasi terpisah untuk meninggalkan sisa dalam flip Hindu.
Gandhi memutuskan hubungan resmi dengan Kongres pada 1934 tetapi tetap menjadi pemandu cahaya. Dia pindah ke ashram di Wardha dan berkonsentrasi pada "program konstruktif" sampai tahun 1940 ketika ia sebentar kepemimpinan kembali Kongres pada saat india telah dinyatakan berperang. Pernyataan ini, dibuat pada tahun 1939, ini ditentang oleh Kongres, yang menawarkan untuk mendukung upaya perang asalkan itu diberi jaminan perusahaan kemerdekaan. Penolakan janji tersebut oleh pemerintah kolonial memimpin Kongres untuk meluncurkan Gerakan Quit India (1942). Gerakan nasional ini dengan kejam ditekan dan Gandhi disimpan dalam tahanan di Aga Khan Istana hingga tahun 1944.
Antara 1944-1945 Gandhi berkepanjangan terlibat dalam dialog dengan MA Jinnha, pemimpin Liga Muslim untuk penyelesaian politik yang bisa mengakomodasi Kongres maupun Liga. Diskusi ini terbukti sia-sia dan sebagai akhir pemerintahan Inggris menjulang, Gandhi menjadi semakin dikesampingkan dalam diskusi tentang bentuk pasca-kemerdekaan India. Gandhi terakhir bertindak sebagai pemimpin politik nasional untuk berpuasa bagi perdamaian di tengah konflik sektarian antara Hindu dan Muslim. Dua kali ia berpuasa di Calcutta 1946 dan 1947 untuk memprotes pembunuhan keagamaan yang berlangsung. Setelah partisi gustus 1947, Gandhi kembali ke Delhi membantu memulihkan kerukunan antar umat Hindu dan Muslim. Aktivitas Gandhi telah membangkitkan banyak permusuhan antara ekstremis Hindu.
Pada 1947 ia ikut dalam perundingan pasca perang dengan Britania Raya yang menuju kemerdekaan India. Dia ditembak mati oleh seorang Hindu fanatik tahun berikutnya. Penganjur hidup sederhana, Gandhi makan makanan vegetarian dan membuat pakaiannya sendiri; roda pintal menjadi simbol dari gaya hidup teratur. Otobiografinya diterbitkan pada tahun 1927. Ulang tahunnya, 2 Oktober adalah hari libur nasional di India. Gandhi sering disebut Mahatma - istilah Hindu untuk "jiwa besar" ... Nama tengahnya adalah Karamchand ... Makhanji Kasturba Gandhi menikah pada tahun 1883, dalam perjodohan, ia berusia 13 pada waktu itu. Mereka memiliki lima anak dan tetap menikah selama hampir 61 tahun, sampai kematiannya.
Pada tahun 1920 sampai sekarang pengaruh Gandhi memimpin politik di India. Kongres Nasional India menjadi sebuah alat politik yang efektif dan nasionalisme India melakukan kampanye besar perlawanan tanpa kekerasan. Pada 1930 ia berkampanye untuk mengakhiri diskriminasi terhadap kelas paria di India dan berkonsentrasi pada pendidikan pedesaan dan mempromosikan industri rakyat. India mencapai status dominion tahun 1947, tetapi partisi dari benua jadi India dan Pakistan adalah kekecewaan besar Gandhi yang telah lama bekerja untuk persatuan Hindu-Muslim. Pada September 1947 kerusuhan Calcutta (Kolkata) ia berpuasa dan dikenal sebagai "Mahatma", Gandhi memenangkan kasih sayang dan kesetiaan dari jutaan.
Pada Januari 1948, ia ditembak dan dibunuh oleh seorang fanatik Hindu. Nathuram Godse, yang merupakan editor ekstremis Hindu Mahasabah mingguan, Gandhi pada titik tembakan jarak dekat sementara ia sedang dalam perjalanan ke pertemuan doa malam. Ia pun meninggal seketika tepatnya pada 30 Januari 1948, Delhi India. Gandhi dipuja di India sebagai "bapak bangsa". Sejak kematiannya, dia telah menjadi sumber inspirasi bagi non-kekerasan gerakan-gerakan politik seperti gerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat dan Irlandia Utara. Pengkritik Gandhi berpendapat bahwa taktik tidak perlu menunda keberangkatan dari Inggris, yang dipercepat partisi India, dan menyebabkan hinduisasi.
Kata Mutiara :
Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan ; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan. (Mahatma Ghandi)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment